Pernah Dikecewakan, Sandy Walsh Tetap Berharap Dipanggil Timnas Indonesia di Lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2023

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 51 2453121 pernah-dikecewakan-sandy-walsh-tetap-berharap-dipanggil-timnas-indonesia-di-lanjutan-kualifikasi-piala-asia-2023-td89dSGXxG.jpg Sandy Walsh yang bermain bersama KV Mechelen berharap bisa bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

SANDY Walsh mengaku hampir membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia di tiga sisa laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung medio Juni 2021. Sayangnya, Sandy Walsh gagal membela Timnas Indonesia karena tidak mendapat lampu hijau dari Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

“Saya telah menetapkan beberapa pertandingan internasional pada awal Juni. Saya memiliki kontak reguler dengan pelatih tim nasional. Pertandingan juga dimainkan di Dubai, sehingga perpindahannya menjadi lebih mudah,” kata Sandy Walsh, Okezone mengutip dari GVA, Senin (9/8/2021).

Sandy Walsh

(Sandy Walsh saat bela KV Mechelen. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

“Namun, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) memutuskan sebaliknya. Terutama Direktur Teknik. Sepertinya pengalaman dengan pemain naturalisasi dari Eropa tidak terlalu positif,” lanjut Sandy Walsh.

Sekadar informasi, di periode 2010-an Timnas Indonesia banyak menaturalisasi pemain-pemain asal Eropa. Beberapa di antaranya Diego Michiels, Ruben Wuarbanaran, Tony Cussel, Jhonny Van Beukering dan banyak lagi.

Sayangnya, pemain-pemain di atas gagal bersinar ketika memperkuat Timnas Indonesia. Bukan tak mungkin, fakta di atas yang membuat PSSI agak berat untuk menaturalisasi Sandy Walsh.

BACA JUGA: Kacau! Sandy Walsh Sebut Indra Sjafri Jadi Penghalangnya Bela Timnas Indonesia

Meski pernah dikecewakan, Sandy Walsh tetap berharap dipanggil Timnas Indonesia. Sekadar informasi, medio September dan Oktober 2021 Timnas Indonesia akan turun di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan.

“Saya tetap berharap ini (proses naturalisasi) segera diselesaikan. Saya sudah menunggunya cukup lama. Secara pribadi, itu tidak akan memakan waktu terlalu lama bagi saya,” ujar Sandy Walsh.

Sandy Walsh

“Fokus saya saat ini untuk KV Mechelen. Akan tetapi, dipanggil Indonesia akan menjadi bonus yang luar biasa. Saya mendapat dukungan dan banyak reaksi positif di media sosial. Lebih dari 90 persen pengikut (followers) saya berasal dari Indonesia,” lanjut Sandy Walsh.

Jika Sandy Walsh bisa membela Timnas Indonesia pada September 2021, jelas tambahan luar biasa bagi skuad Garuda. Bersama KV Mechelen di musim 2020-2021, Sandy Walsh yang mentas sebagai fullback kanan mengoleksi tiga gol dan empat assist dari 34 pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini