5 Pesepakbola Bintang yang Pilih Pindah Negara, Nomor 1 Top Skor Piala Dunia Sepanjang Masa

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 51 2447896 5-pesepakbola-bintang-yang-pilih-pindah-negara-nomor-1-top-skor-piala-dunia-sepanjang-masa-gVMt4VsfLF.jpg Diego Costa pindah warga negara dari Brasil ke Spanyol. (Foto: Instagram/@diego.costa)

SEJUMLAH pesepakbola bintang memilih pindah negara. Sejumlah alasan melatarbelakangi kenapa si pemain memilih membela negara lain.

Salah satu alasannya karena dengan hengkang ke negara lain, peluangnya membela tim nasional jadi lebih terbuka. Lantas, siapa saja pesepakbola yang dimaksud?

Berikut 5 pesepakbola bintang yang pilih pindah negara:

5 Pepe Lima (Brasil ke Portugal)

Pepe Lima

Pepe lahir di Maceio, Brasil pada 1983. Bek tangguh yang kini bermain di FC Porto itu dikenal garang dan jago dalam berbagai duel sengit. Selain iu, Pepe juga dikenal mahir dalam membuat lawan menjadi emosi. Pemain bernama lengkap Kepler Laveran Lima Ferreira ini memutuskan membela Timnas Portugal karena bakatnya yang tidak diakui Brasil.

Pepe sudah hijrah ke Portugal sejak 2007. Pemain yang sering melancarkan tekel keras itu juga sudah menjalani beberapa pertandingan melawan Brasil. Salah satu laga yang paling berkesan bagi Pepe terjadi pada babak penyisihan Grup G pada Piala Dunia 2010 lalu.

Dalam laga tersebut, Pepe tampil habis-habisan menghadang serangan Tim Brasil. Tampil kukuh di sektor pertahanan, Brasil pun gagal tanpa mencetak satu gol pun. Sejak menjalani debutnya di Timnas Portugal pada 2007, Pepe telah bermain sebanyak 118 kali.

Tercatat, Pepe sudah bermain di tiga Piala Dunia dan empat Piala Eropa. Dia merupakan bagian dari skuad Selecao das Quinas saat menjuarai Piala Eropa 2016.

4. Deco Souza (Brasil ke Portugal)

Deco Souza

Mantan gelandang Barcelona dan Chelsea Anderson Luis de Souza atau lebih dikenal dengan nama Deco lahir dan dibesarkan di Sao Paulo, Brasil. Semenjak kecil, Deco mempunyai cita-cita yakni memperkuat Timnas Brasil.

Tapi ketika menginjak 20 tahun, Deco justru pindah ke Portugal untuk menjalani karier sebagai pesepakbola. Deco pun tampil gemilang saat membela FC Porto. Karena begitu melekat dengan sepak ola di sana, Deco memutuskan membela Timnas Portugal dibandingkan Brasil.

Tercatat sejak debut perdananya pada 2003, Deco adalah satu dari 13 pemain yang telah mencatat 100 kali penampilan di Liga Champions. Rekor tersebut ia capai saat Chelsea bertemu Atletico Madrid. Selain itu, Deco juga tergabung dalam Timnas Portugal yang berlaga di Piala Eropa 2004 Portugal, Piala Dunia 2006 (Jerman) dan Piala Eropa 2008 (Austria)

Pada 2003, Deco harus melawan negara asalnya sendiri yaitu Brasil pada laga uji coba di Estadio das Antas Porto. Saat itu Deco berhasil mencetak satu gol penentu kemenangan Portugal dengan skor akhir 2-1.

3. Lukas Podoski (Polandia ke Jerman)

Lukas Podolski

Lukas Podolski sejatinya lahir di Polandia, namun dia juga tumbuh besar di Jerman, sehingga dia memiliki dua kewarganegaraan. Podolski memiliki kesempatan besar membela Timnas Polandia. Tapi pada akhirnya, dia lebih memilih untuk bergabung dengan Die Mannschaft -julukan Jerman.

Podolski juga sudah bergabung dengan Timnas Jerman sejak tahun 2004. Mantan pemain Arsenal itu diketahui matang dalam teknik dan unggul dalam skill individu. Tak heran kalau catatan penampilannya juga begitu jempolan.

Podolski telah menjadi bagian dari skuad Jerman di semua turnamen besar semenjak itu, termasuk kala ia menjuarai Piala Dunia 2014. Dia merupakan pemain dengan penampilan terbanyak ketiga dalam sejarah Jerman, dengan 130 penampilan, dan pencetak gol terbanyak ketiga dengan 49 gol.

Terakhir, Podolski melawan tanah kelahirannya sendiri pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016 pada 2015 lalu. Bertanding melawan Polandia selalu menjadi laga yang paling emosional bagi Podolski, apalagi saat ini keluarganya menetap di Polandia.

2. Diego Costa (Brasil ke Spanyol)

Diego Costa

Mungkin kita masih ingat bagaimana gemilangnya penampilan Diego Costa di Atletico Madrid yang membuatnya ingin bergabung dengan Timnas Spanyol. Pemain yang lahir di Lagarto, Brasil ini sebenarnya sempat memperkuat Selecao pada 2013.

Akan tetapi, kemudian Diego Costa mendapatkan kewarganegaraan Spanyol. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) langsung menghadap FIFA untuk menaturalisasi Diego Costa. Hal itu langsung dikabulkan lantaran sebelumnya Diego Costa hanya membela Timnas Brasil dalam laga uji coba yang tidak resmi.

Mantan striker Atletico Madrid ini setuju membela Timnas Spanyol karena tidak dapat banyak kesempatan bermain di Timnas Brasil. Costa pun langsung tampil bersama Timnas Spanyol di pentas Piala Dunia 2014. Sayangnya Costa gagal membawa La Furia Roja berprestasi saat itu. Timnas Spanyol bahkan gagal lolos dari fase grup.

Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) sempat marah besar dengan hal ini dan mengecam keputusan Costa. Mereka menuding Costa sebagai pemain mata duitan. Padahal Costa mengaku tidak pernah dipanggil oleh Timnas Brasil.

1. Miroslav Klose (Polandia ke Jerman)

Miroslav Klose

Miroslav Klose sebenarnya bukan lahir di Jerman. Pemain yang berstatus pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia itu lahir dan besar di Polandia. Namun, Klose memilih memperkuat Timnas Jerman dibandingkan Polandia. Alasannya dengan gabung Jerman, Klose bisa mendapatkan banyak trofi dan penghargaan.

Walaupun alasan Klose terkesan egois, keputusannya terbukti benar. Dia berhasil memenangkan trofi Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil. Sejak debutnya pada 2001, Klose mencetak 71 gol untuk Die Mannschaft.

Selain itu, ia pun menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Dunia dengan torehan 16 gol. Klose juga sudah beberapa kali melawan negara asalnya yaitu Polandia. Meskipun demikian, Klose tetap tidak akan lupa kenangan masa kecilnya selama di Polandia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini