5 Pencapaian Terbesar Cristiano Ronaldo di Sepakbola, Nomor 1 Jadi Sorotan

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 51 2447662 5-pencapaian-terbesar-cristiano-ronaldo-di-sepakbola-nomor-1-jadi-sorotan-PqQMBzt5mu.jpg Cristiano Ronaldo akrab dengan yang namanya rekor. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

SEJUMLAH prestasi didapat Cristiano Ronaldo semenjak aktif sebagai pesepakbola profesional pada 2002. Gelar demi gelar bersama klub dan tim nasional didapat pesepakbola yang kini berusia 36 tahun tersebut.

Tak hanya gemilang bersama tim, Cristiano Ronaldo juga menggila secara individu. Jika dirangkum performanya secara keseluruhan, apa saja pencapaian terbesar Cristiano Ronaldo di sepakbola?

Berikut 5 pencapaian terbesar Cristiano Ronaldo di sepakbola:

5. Trofi Piala Eropa 2016

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjuara Piala Eropa 2016 bersama Timnas Portugal dan membayar kekalahannya di turnamen itu pada 2004. Meski harus mendapatkan cedera di awal laga final, Cristiano Ronaldo mampu menunjukan jiwa kepemimpinannya dengan membimbing rekan-rekannya dari pinggir lapangan.

Sempat menangis karena tidak bisa melanjutkan pertandingan, Cristiano Ronaldo pun dapat tersenyum bahagia saat Portugal berhasil menjadi juara Piala Eropa 2016. Saat itu mereka mengalahkan tuan rumah Prancis dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Eder.

4. Pemain Pertama yang Cetak 100 Gol di Liga Champions (2017)

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain yang paling produktif dalam mencetak gol di berbagai kompetisi. Mantan pemain Real Madrid itu pun mampu mencetak gol ke-100-nya di ajang Liga Champions saat ia bertanding pada babak perempatfinal musim 2016-2017 melawan Bayern Munich.

Pada musim yang sama, Cristiano Ronaldo pun berhasil mengantarkan Real Madrid menjadi klub yang berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions. Sampai sekarang, Cristiano Ronaldo tercatat sebagai top skor sepanjang masa Liga Champions dengan 134 gol.

3. Pemain Pertama yang Menangkan 5 Trofi Liga Champions (2018)

Cristiano Ronaldo

Kiprah Cristiano Ronaldo di ajang Liga Champions sudah tidak bisa diragukan lagi. Pemain Juventus tersebut berhasil menjadi pesepakbola pertama yang memenangkan gelar Liga Champions (format baru) sebanyak lima kali usai mengalahkan Liverpool 3-1 di partai puncak pada musim 2017-2018.

Hanya saja, pertandingan final itu ternyata menjadi yang terakhir bagi Cristiano Ronaldo untuk Real Madrid. Cristiano Ronaldo akhirnya memilih meninggalkan Spanyol untuk bergabung dengan raksasa Italia Juventus beberapa minggu kemudian.

2. Hattrick di Piala Dunia (2018)

Timnas Portugal

Cristiano Ronaldo mampu menjadi penyelamat Portugal saat menjalani laga pertama babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 di Rusia melawan Spanyol. Mantan pemain Manchester United itu mencetak hattrick yang penting bagi Selecao das Quinas.

Saat itu, Portugal di ambang kekalahan, namun Ronaldo berperan layaknya pahlawan dengan berhasil memaksakan hasil imbang. Saat itu, tendangan bebas Cristiano Ronaldo di pengujung laga berujung gol, sehingga membuat skor sama kuat 3-3.

1. Raja Gol Internasional (2021)

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dengan gol merupakan hal yang tidak dipisahkan. Kemampuannya dalam mengkreasikan serangan selalu menjadi hal yang menakutkan bagi para lawan. Di Usia 36 tahun, Cristiano Ronaldo kembali berhasil mencetak rekor sebagai pemain dengan gol internasional terbanyak.

Cristiano Ronaldo mampu menyamai rekor yang dimiliki legenda sepakbola Iran, Ali Daei, dengan 109 gol di ajang internasional. Gol ke-109 CR7 lahir saat ia mentas di ajang Piala Eropa 2020. Sayangnya, Timnas Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo hanya melaju sampai babak 16 besar.

Sekarang yang jadi pertanyaan, adakah pencapaian hebat yang dicetak Cristiano Ronaldo ke depan? Menarik untuk dinantikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini