5 Pemain Indonesia di Bawah 19 Tahun yang Miliki Harga Paling Mahal, Nomor 1 Tembus Rp4,7 Miliar

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 51 2447170 5-pemain-indonesia-di-bawah-19-tahun-yang-miliki-harga-paling-mahal-nomor-1-tembus-rp4-7-miliar-CpY9zn2bOe.jpg Pratama Arhan (depan) saat membela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@pratamaarhan8)

SEJUMLAH pemain Indonesia di bawah usia 19 tahun sudah menembus skuad utama tim senior yang mereka bela. Pemain-pemain yang akan dibahas di bawah ini pun sebelumnya sudah matang di Tim Nasional kelompok umur, baik itu U-16 maupun U-19.

Tak heran karena memiliki perkembangan karier yang positif, nama-nama ini memiliki harga pasar yang lumayan tinggi menurut laman transfermarkt. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain Indonesia di bawah 19 tahun yang miliki harga paling mahal:

5. Mochammad Supriadi (Persebaya Surabaya – 175 Ribu Euro/Rp2,9 Miliar)

Mochammad Supriadi

(Mochammad Supriadi (kanan) saat bela Persebaya)

Mochammad Supriadi merupakan penyerang sayap bertalenta yang dimiliki klub asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya. Pemain muda ini menjadi andalan pelatih Persebaya, Aji Santoso, di lini depan.

Sang pemain merupakan jebolan Garuda Select, sebuah program pembinaan pemain muda profesional yang dijalankan PSSI berkolaborasi dengan swasta. Seleksi pada program tersebut dilakukan secara ketat oleh mantan pemain tim nasional Inggris, Dennis Wise.

Pemain kelahiran Surabaya itu mengawali karier di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan pada 2017. Kini, sosok berpostur 164 cm itu menjadi andalan Bajul Ijo di lini depan. Dia telah mencatatkan lima penampilan pada Piala Menpora 2021 beberapa waktu lalu. Adapun nilai pasarnya sebesar 175 ribu euro (Rp2,9 miliar).

4. Beckham Putra (Persib Bandung – 175 Ribu Euro/Rp2,9 Miliar)

Beckham Putra

(Beckham Putra saat membela Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Beckham Putra merupakan jebolan akademi Persib Bandung. Dia telah bergabung dengan skuad Pangeran Biru sejak usia 15 tahun. Pemain berusia 19 tahun itu berposisi sebagai gelandang.

Di usianya yang masih 17 tahun pada 2019, Beckham sudah dipercaya memperkuat tim utama Persib Bandung. Pemain muda tersebut mencatatkan empat penampilan pada musim 2019-20. Selain itu, sosok kelahiran Bandung itu juga mengoleksi delapan penampilan di Piala Menpora 2021.

Atas performanya yang impresif, wajar jika Beckham dilabeli dengan harga tinggi. Terlebih lagi, dia masih bisa berkembang ke level tertingginya. Adapun nilai pasar eks pemain Timnas U-19 ini sebesar 175 ribu euro (Rp2,9 miliar).

3. Saddam Gaffar (PSS Sleman - 225 Ribu Euro/Rp3,8 Miliar)

Saddam Gaffar

Saddam Gaffar merupakan produk asli akademi PSS Sleman. Dia sudah bergabung dengan Super Elang Jawa sejak 2018.

Namanya mungkin tidak setenar kedua nama sebelumnya. Namun, pemain kelahiran Jepara ini juga mencatatkan penampilan luar biasa selama membela klub asal Yogyakarta tersebut. Di Piala Menpora 2021, sang pemain muda mencatatkan empat penampilan dan mencetak dua gol. Bahkan, dua gol itu dicetak Saddam Gaffar ke gawang klub top Indonesia, Persib Bandung.

Berkat performa apik yang ditunjukkan di lini serang, tak heran jika sang pemain dihargai tinggi, yakni sebesar 225 ribu euro (Rp3,8 miliar).

2. Pratama Arhan (PSIS Semarang – 250 Ribu Euro/Rp4,2 Miliar)

Pratama Arhan

(Pratama Arhan (kanan), saat bela Timnas Indonesia U-19)

Sama seperti ketiga nama sebelumnya, Pratama Arhan merupakan produk asli akademi klub. Sosok kelahiran Blora itu bergabung dengan PSIS Semarang sejak 2018.

Menariknya, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini seolah seperti anak kesayangan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Pasalnya, posisi fullback kiri selalu diisi Pratama Arhan, sejak memperkuat Timnas U-19 hingga ikut serta bersama skuad senior pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pemain berusia 19 tahun ini turut serta dalam Piala Menpora 2021. Secara mengejutkan, torehan sang bek cukup mentereng. Dia mencatatkan empat penampilan dengan torehan dua gol dan satu assist. Tak heran jika nilai pasarnya mencapai 250 ribu euro (Rp4,2 miliar).

1. Rizky Ridho (Persebaya Surabaya – 275 Ribu Euro/Rp4,7 Miliar)

Rizky Ridho

(Rizky Ridho (kanan) saat bela Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

Rizky Ridho berada di peringkat pertama dengan nilai pasar paling mahal, yakni 275 ribu euro (Rp4,7 miliar). Dia juga merupakan produk akademi Persebaya. Pemain kelahiran Surabaya ini telah menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19.

Hebatnya, sang bek kembali dipanggil memperkuat tim senior oleh Shin Tae Yong. Pemain muda itu hampir tidak tergantikan mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Karena Liga 1 vakum, Rizky Ridho baru sempat tampil reguler di Piala Menpora 2021. Dia mencatatkan empat penampilan bersama Bajul Ijo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini