Kualitas Roberto Firmino Diragukan, Legenda Liverpool Pasang Badan

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 45 2441420 kualitas-roberto-firmino-diragukan-legenda-liverpool-pasang-badan-r8W0LLPacU.jpg Roberto Firmino (Foto: Reuters)

MUNICH – Legenda Liverpool, Marcus Babbel, memberikan pandanganya terhadap kiprah Roberto Firmino bersama mantan klubnya tersebut. Menurut Babbel, Firmino masih layak menjadi pilihan utama sebagai penyerang tengah Liverpool pada saat ini.

Sebagaimana diketahui, Firmino sendiri resmi bergabung bersama Liverpool pada bursa transfer musim panas 2015. Manajemen The Reds –julukan Liverpool– merekrut Firmino dari Hoffenheim dengan mahar sebesar 41 juta euro atau sekira Rp717 miliar.

Roberto Firmino

Perjalanan karier Firmino bersama Liverpool memang sempat diragukan oleh banyak pihak. Terlebih selama menjalani karier bersama Hoffenheim di Liga Jerman, nama Firmino memang kurang begitu dikenal.

Kenyataannya, Firmino mampu menunjukkan kualitasnya dengan menjadi salah satu mesin gol bersama Sadio Mane dan Mohamed Salah. Tidak hanya tampil tajam, Firmino juga dikenal sebagai pemain yang tidak egois, sehingga dapat membuat rekan-rekan timnya bermain menonjol.

Baca Juga: Alami Masalah Keuangan, Liverpool Diyakini Bakal Sulit Bersaing Musim Depan

Akan tetapi dalam dua musim terakhir, nama Firmino mulai banyak mendapatkan kritikan dari sejumlah pengamat. Pasalnya, pemain asal Brasil tersebut memang sangat jarang menyumbangkan golnya untuk Liverpool.

Performa minor yang ditunjukkan Firmino pun mendapatkan kritikan dari banyak pihak. Bahkan beberapa ada yang menyarankan agar manajemen Liverpool mencari penyerang berkualitas di bursa transfer musim panas 2021.

Babbel yang mengikuti perjalanan karier Firmino bersama Liverpool pun buka suara. Menurut pria berkebangsaan Jerman tersebut, Firmino sejatinya masih layak mendapatkan kepercayaan untuk menjadi penyerang utama Liverpool di musim 2021-2022.

“Firmino merupakan tipikal pemain pekerja keras, dan ia tidak mencetak terlalu banyak gol, tetapi Salah dan biasanya Mane akan mencetak gol-gol itu,” jelas Babbel, sebagaimana disadur dari Liverpool Echo, Jumat (16/7/2021).

Roberto Firmino

“Mo Salah tak bisa mencetak 20, 30 gol kecuali seseorang bekerja untuknya, seperti yang dilakukan Firmino. Ia adalah tipe striker yang berbeda dan ia melakukan pekerjaan fantastis yang memungkinkan Salah dan (Sadio) Mane memiliki ruang untuk mencetak gol,” lanjutnya.

Baca Juga: Gunakan Nomor Punggung Peninggalan Wijnaldum, Konate Tak Merasa Tertekan

“Ini mirip dengan Emile Heskey ketika ia bermain dengan Michael Owen, Emile tidak mencetak banyak gol, tetapi Michael bisa karena Emile sangat bekerja keras. Masalahnya adalah ketika Firmino tidak bekerja cukup keras dan itu terjadi terlalu sering musim lalu,” tutup pria berusia 48 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini