Lepas 2 Pemain Manchester United ke Olimpiade Tokyo 2020, Solskjaer: Tugas Negara Itu Penting

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 51 2441236 lepas-2-pemain-manchester-united-ke-olimpiade-tokyo-2020-solskjaer-tugas-negara-itu-penting-A2HVZ2GjqM.jpg Amad Diallo (kanan) bela Pantai Gading di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: REUTERS)

MANCHESTER – Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengizinkan Eric Bailly dan Amad Diallo untuk bermain di Olimpiade Tokyo 2020. Menurutnya, ini akan menjadi pengalaman penting bagi mereka.

Bailly dan Amad Diallo akan mewakili negaranya, Pantai Gading, di Olimpiade Tokyo 2020 yang akan dimulai pada Jumat 23 Juli 2021. Pantai Gading akan melakoni laga di Grup D bersama negara-negara kuat yakni Brasil, Jerman, dan Arab Saudi.

Amad Diallo

(Amad Diallo akan bela Pantai Gading di Olimpiade Tokyo 2020)

The Red Devils –julukan Manchester United– sebenarnya bisa saja tidak mengizinkan Eric Bailly dan Amad Diallo  berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Sebab, Olimpiade termasuk dalam kompetisi U-23 dan tidak masuk kalender resmi FIFA.

Namun, Solskjaer tidak bisa menghalangi anak asuhnya itu karena ini akan menjadi pengalaman penting untuk mereka. Dia juga menyadari bermain di Olimpiade untuk negaranya adalah impian di masa kecil. Dengan alasan itu, Solskjaer mengizinkan Bailly dan Amad Diallo untuk mengambil tugas negaranya tersebut.

"Saya pikir semua orang, ketika mereka tumbuh dewasa, menonton Olimpiade dan bisa melihat Usain Bolt atau Ryan Giggs. Saya melihat Giggs bermain di Olimpiade (untuk Inggris Raya pada 2012)," ujar Solskjaer dilansir dari Goal International, Kamis (15/7/2021).

BACA JUGA: 5 Pemain Bintang yang Tampil di Cabor Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020, Nomor 1 Penakluk Cristiano Ronaldo dan Messi

"Ketika negara Anda memanggil Anda, saya pikir saya tidak bisa menghalangi impian masa kecil itu terwujud,” lanjutnya.

"Tentu saja, Eric sudah terlalu tua, tapi saya pikir mereka bisa melihat nilainya dan itulah mengapa mereka (Pantai Gading) mendatangkan dia," sambungnya.

Eric Bailly

(Eric Bailly akan bela Pantai Gading di Olimpiade Tokyo 2020)

"Amad adalah prospek muda yang menarik. Akan menyenangkan melihat mereka. Ini akan menjadi pramusim mereka, tapi mereka harus kembali dengan medali. Kami membutuhkan perasaan yang menyenangkan tentang posisi ketika mereka kembali!," imbuhnya.

Eric Bailly memang sudah berusia 27 tahun, melewati batas usia maksimal yang ditetapkan panitia Olimpiade Tokyo 2020 yakni 24 tahun. Namun, setiap tim diizinkan membawa tiga pemain senior, alias pemain di atas 24 tahun.

Khusus tahun ini, usia maksimal yang diizinkan (selain pemain senior) adalah 24 tahun. Hal itu karena Olimpiade Tokyo 2020 mengalami penundaan satu tahun efek pandemi Covid-19. Jika Olimpiade Tokyo berjalan sesuai jadwal tahun lalu, batas usia maksimal pemain adalah 23 tahun, sama seperti penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Pantai Gading akan memulai laga perdana melawan Arab Saudi di Olimpiade Tokyo 2020. Setelah itu, mereka akan menghadapi lawan tangguh dengan bertemu Brasil pada 25 Juli dan menghadapi Jerman tiga hari kemudian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini