Final Piala Eropa 2020, Akankah Harry Kane Jadi Top Skor Melewati Gol Cristiano Ronaldo?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 51 2438644 final-piala-eropa-2020-akankah-harry-kane-jadi-top-skor-melewati-gol-cristiano-ronaldo-sYKH0EpRPE.jpg Cristiano Ronaldo saat merayakan gol di Piala Eropa 2020. (Foto/Reuters)

CRISTIANO Ronaldo dan Patrik Schick sejauh ini masih menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 2020 dengan torehan lima gol. Penyerang Timnas Inggris Harry Kane menjadi pemain yang masih berpeluang menyalip keduanya sebagai top skor.

Ronaldo telah mengoleksi 5 gol dan 1 assist serta menduduki peringkat pertama. Meski Timnas Portugal telah tersingkir di babak perempat final atas Belgia pada saat itu, perolehan gol Ronaldo belum ada yang mampu melewati.

Foto/Reuters

Saat ini, baru ada satu pemain dengan jumlah gol yang sama dengannya yakin penyerang Republik Ceko, Patrik Schick. Namun kesempatan Schick melewatinya pun telah sirna usai timnya tersingkir di babak perempatfinal setelha menyerah 1-2 dari Denmark.

Baca juga: 6 Alasan Italia dan Inggris Bisa Juara Piala Eropa 2020, Nomor 1 Mengejutkan

Memasuki laga final Piala Eropa 2020 yang akan digelar 12 Juni 2021 mendatang, torehan gol Ronaldo paling mungkin dikejar oleh penyerang Timnas Inggris, Harry Kane. Dia telah mengoleksi 4 gol dan belom pernah menyumbangkan assist

Baca juga: Ingin Timnas Inggris Juara Piala Eropa 2020, Kyle Walker Siap Tiru Prancis dan Spanyol

Selain Kane, ada juga nama Raheem Sterling yang mungkin menyalip Ronaldo. Sterling sejauh ini telah mencetak 3 gol dan 1 assist.

Ronaldo pun semakin kuat berada diambang top skor berdasarkan peraturan Tie Break sepatu emas Piala Eropa 2020. Aturan ini bukan hanya melihat gol, namun juga dari segi assist dan menit bermain.

Artinya, seandainya terdapat dua pemain yang memperoleh jumlah gol yang sama, maka akan dilihat siapa yang memperoleh assist lebih banyak. Namun ketika jumlah gol dan assist sama, maka dilihat siapa yang mendapatkan menit bermain lebih sedikit pemenangnya.

Harry Kane untuk menyalip Ronaldo perlu mencetak 2 gol dalam laga melawan Italia nanti. Ataupun tak mencapainya, setidaknya Kane harus mencetak 1 gol dan 2 assist.

Foto/Reuters

Begitu pula Sterling, ia harus mencetak 3 gol paling sedikit atau setidaknya 2 gol dan 1 assist. Capaian yang tentu tak mudah mengingat lawan yang akan dihadapinya merupakan Italia.

Sementara dari sisi Italia jauh lebih sulit. Pasalnya pencetak terbanyak bagi Gli Azzurri diperoleh oleh Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne. Mereka baru mengemas dua gol sepanjang Piala Eropa 2020 ini.

Saksikan siaran lansung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini