Piala AFC 2021 Zona ASEAN Resmi Dibatalkan, Apa Penyebabya?

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 51 2436807 piala-afc-2021-zona-asean-resmi-dibatalkan-apa-penyebabya-2fzehdVBY0.jpg Trofi Piala AFC. (Foto/AFC)

KUALA LUMPUR - Piala AFC 2021 Zona ASEAN telah resmi dibatalkan, Rabu (7/7/2021). Keputusan diambil karena penyelenggara kesulitan mencari tuan rumah yang bersedia menjadi lokasi turnamen.

Piala AFC 2021 Zona ASEAN meliputi Grup G, H, dan I. Itu artinya Dengan begitu, Persipura Jayapura yang berada di Grup H dan Bali United di Grup G tidak bisa tampil.

Foto/Bali United

Sebelumnya, pertandingan Grup H dan I akan berlangsung di Singapura. Namun, dalam perjalanannya Singapura mundur lantaran melonjaknya kasus positif Virus Corona.

Baca juga: Penyebab Boaz Solossa dan Yustinus Pae Resmi Dicoret Persipura Jayapura

Akibatnya, pihak AFC mengalami kesulitan dalam menemukan lokasi sebagai tuan rumah. Federasi pun memutuskan untuk membatalkan gelaran Piala AFC 2021 Zona ASEAN.

Baca juga: Tak Ikut Piala Menpora 2021, Persipura Jayapura Siap Tampil di Piala AFC

Selain itu, AFC juga mengumumkan adanya penundaan drawing babak gugur Piala AFC 2021. Semula berlangsung pada 7 Juli, mundur sampai 4 Agustus mendatang.

Foto/Instagram

“AFC dapat memastikan jika semua pertandingan Piala AFC 2021 Zona ASEAN, yang terdiri dari Grup G, H dan I, serta babak Playoff telah dibatalkan, dikarenakan tantangan yang dihadapkan oleh pandemi global,” bunyi keterangan resmi AFC.

Meski telah membatalkan Zona ASEAN, AFC tetap melanjutkan zona-zona lainnya setelah mendapat persetujuan Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli lalu. Namun, ada penyesuaian format yang dilakukan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini