Karena Pandemi Covid-19, Bali United dan Persipura Bisa Tak Main di Piala AFC 2021

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 05:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 51 2436044 karena-pandemi-covid-19-bali-united-dan-persipura-bisa-tak-main-di-piala-afc-2021-LQ1DAfgCxs.jpg Trofi Piala AFC (Foto: Laman resmi AFC)

KUALA LUMPUR – Kabar buruk datang untuk Bali United dan Persipura Jayapura. Piala AFC 2021 akan dilanjutkan tanpa klub-klub dari Asia Tenggara, termasuk Bali United dan Persipura, jika pertandingan zona ASEAN tidak dapat dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berusaha untuk menjalankan semua pertandingan fase grup. Akan tetapi, jika keadaan tidak memungkinkan, AFC terpaksa tidak menggelar laga tersebut.

Persipura Jayapura (Foto: Instagram/@persipura1963)

Negara-negara Asia Tenggara di Piala AFC 2021 berada di Grup G, H dan I. Sekadar informasi, Bali United berada di Grup G, sedangkan Persipura menghuni Grup H.

BACA JUGA: Libur Usai, Bali United Tatap Piala AFC

Bali United tergabung di Grup G bersama Hanoi FC (Vietnam), Boeung Ket (Kamboja), dan satu pemenang dari kualifikasi Asia Tenggara. Sementara itu, Persipura bersaing dengan Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam) di Grup H.

Awalnya, pertandingan tiga grup itu (G, H, dan I) digelar pada 29 Juni sampai 6 Juli 2021. Akan tetapi, hingga sekarang, tidak ada negara yang siap menjadi tuan rumah karena peningkatan kasus Covid-19. Keadaan ini merupakan pertanda buruk untuk partisipasi Bali United dan Persipura di Piala AFC 2021.

"Diputuskan, bahwa kompetisi akan terus dilanjutkan dengan sebanyak mungkin laga dari fase grup yang telah berlangsung. Bersamaan dengan itu, pertandingan yang tidak dapat digelar pada setiap fase lantaran peningkatan kasus Covid-19 akan dibatalkan dan dinyatakan sebagai keadaan kahar (force majeure)," bunyi pernyataan resmi AFC, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu, CEO Bali United, Yabes Tanuri, menyatakan pihaknya masih menunggu keputusan resmi AFC melalui surat resmi. Dia masih optimistis Bali United akan berlaga di Piala AFC 2021.

Yabes Tanuri (Foto: Bali United)

“Kami masih menunggu keputusan resmi AFC melalui surat resmi untuk kami. Yang pasti, Bali United akan tetap mengikuti kompetisi jika fase grup tetap dilaksanakan,” kata Tanuri, dikutip dari laman resmi klub.

“Saat ini, para pemain tetap melanjutkan persiapan menuju Piala AFC semisal nantinya dilaksanakan,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini