Timnas Inggris Sukses Benamkan Jerman, Strategi Gareth Southgate Tuai Pujian

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 51 2433365 timnas-inggris-sukses-benamkan-jerman-strategi-gareth-southgate-tuai-pujian-3VCIUUi2KF.jpg Gareth Southgate (Foto: Reuters)

LONDON – Tim nasional (Timnas) Inggris mampu meraih hasil maksimal pada saat menjalani laga di babak 16 Besar Piala Eropa 2020. Menghadapi Jerman, skuad The Three Lions –julukan Timnas Inggris– mampu menang dengan skor akhir 2-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Wembley Stadium tersebut, Timnas Inggris memang tampil apik sejak menit awal. Bahkan beberapa kali Timnas Inggris mampu memberikan ancaman ke lini pertahanan Jerman.

Akan tetapi rapatnya lini pertahanan Jerman, memaksa sejumlah kesempatan emas yang didapatkan oleh Timnas Inggris masih gagal membuahkan hasil. Kedudukan 0-0 pun akhirnya bertahan hingga babak pertama duel antara Timnas Inggris kontra Jerman berakhir.

Infografis Inggris vs Jerman

Sementara pada babak kedua, Timnas Inggris semakin gencar memberikan tekanan demi tekanan ke lini pertahanan Jerman. Alhasil, Timnas Inggris pun akhirnya mampu membuka keunggulan mereka atas Jerman ketika laga berjalan 75 menit via aksi Raheem Sterling.

Berjarak 11 menit, Timnas Inggris berhasil memperbesar keunggulan mereka atas Jerman menjadi 2-0. Kini giliran Harry Kane yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah sontekannya meluncur deras ke dalam gawang Jerman.

Baca Juga: Usai Singkirkan Jerman, Timnas Inggris Dijagokan Juarai Piala Eropa 2020

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Skuad Timnas Inggris berhasil menyelesaikan pertandingan kontra Jerman dengan kemenangan dua gol tanpa balas.

Seusai pertandingan melawan Jerman, legenda Timnas Inggris, Alan Shearer, memberikan komentarnya. Ya, Shearer mengaku sangat terkesan dengan strategi yang diterapkan oleh Gareth Southgate, termasuk saat memasukan Jack Grealish di waktu yang tepat.

“Momen yang luar biasa. Atmosfernya sungguh luar biasa. Banyak orang tak sabar di stadion ini di mana meneriaki untuk memaikan pemain depan lebih banyak, tapi Gareth mempunyai rencana permainan sendiri,” jelas Shearer, seperti dirangkum dari Metro, Rabu (30/6/2021).

“Dia memasukkan Grealish di waktu yang tepat. Mereka mendapat sedikit keberuntungan yang diperlukan saat kedudukan 1-0, ketika Mueller bisa melakukan tusukkan anda mengharap dia bisa membuat gol,” sambungnya.

Timnas Inggris vs Jerman

“Ini merupakan performa yang sangat dominan dan mereka melakukan apa yang harus dilakukan. Manajer pantas mendapatkan pujian untuk terus bertahan memainkan dia (Sterling), karena ada banyak kritik yang dilontarkan sebelum turnamen.”

Baca Juga: Bermain Kurang Efisien, Jadi Alasan Timnas Jerman Dikalahkan Inggris

“Saat manajer tetap bertahan pada anda, anda harus menampilkan performa bagus. Tak ada pemain yang bermain lebih baik dibandingkan Raheem Sterling untuk Inggris di turnamen ini. Dia menjadi pemain yang dimainkan setiap laga bagi mereka,” tuntas pria berusia 50 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini