Asosiasi Futsal Provinsi Kalimantan Timur Serius Mencetak Wasit Futsal Nasional

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 51 2433339 asosiasi-futsal-provinsi-kalimantan-timur-serius-mencetak-wasit-futsal-nasional-D2XoxPE3UL.jpg AFP Kaltim (Foto: MNC Media)

SAMARINDA – Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini membuat sebagian besar Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) menangguhkan sejumlah agenda kegiatan tahunan. Tapi di tengah berbagai keterbatasan itu, beberapa AFP mencoba merealisasikan agenda.

Sebut saja AFP Kalimantan Timur yang Sabtu lalu 26 Juni 2021 di Samarinda menyelesaikan agenda tahunan Kursus Wasit Level 1 Nasional. Kursus yang diikuti 40 peserta ini merupakan salah satu agenda tahunan dr AFP yang menaungi wilayah paling luas di Kalimantan ini.

Setelah ini pada 29 Juni mendatang AFP Kalimantan Timur juga akan menyelenggarakan Kursus Pengawas Pertandingan Futsal tingkat nasional. Kursus yang akan berlangsung di Samarinda hingga 3 Juli 2021 itu merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada tahun ini.

Futsal

Sekretaris Umum AFP Kalimantan Timur, Dody Grynaldi Simorangkir mengatakan, program kursus ini untuk menyiapkan agenda kompetisi dan menjawab keinginan pelaku futsal di Kalimantan Timur untuk berkembang sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

“AFP Kaltim melaksanakan kegiatan pelatihan wasit nasional level 1, program kerja yang tertunda dikarenakan pandemi. Selain itu juga dikarenakan memang sudah waktunya SDM wasit di Kaltim harus naik levelnya, sebagai dasar persiapan kompetisi futsal Pra Porprov, Porprov dan kegiatan AFP Kaltim lainnya. Kegiatan ini juga untuk memberikan pegangan pada wasit Kaltim perihal LOTG 2020/2021 agar kami di daerah tidak tertinggal jauh dengan daerah lain” ungkap Dody Grynaldi Simorangkir.

Baca Juga: Tidak Langsung Berikan Lisensi AFC Level 2, Asosiasi Futsal Jawa Barat Adakan Pelatihan Lebih Dulu

Senada dengan Dody, salah seorang perserta kursus dari Kabupaten Berau, Kacong, mengatakan, motivasinya mengikuti kursus ini untuk membangun generasi wasit futsal dan meningkatkan perkembangan futsal di Berau melalui wasit yang kompeten.

“Saya juga bercita-cita menjadi wasit yang bisa berbagai ilmu dengan wasit level 3 di Berau dan ingin menjadi wasit pertama di daerah saya yang memimpin pertandingan di Liga Pro.”

Kacong yang berprofesi sebagai guru di Berau, menempuh jarak 12 jam perjalanan darat ke Kota Samarinda untuk mengikuti Kursus Wasit Level 1 Nasional ini.

Instruktur Kepala, Juli Suratno dari Bandung mengatakan, pelatihan semacam ini memang untuk mencari calon wasit berkualitas yang nantinya dapat bertugas di berbagai kompetisi di tingkat nasional.

Futsal

“Sebenarnya suatu keharusan bagi kami untuk mencari bakat terpendam di seluruh wilayah Indonesia untuk menjaring bakat-bakat wasit futsal yang baru” ungkap Juli Suratno.

Baca Juga: Pengawas Pertandingan Futsal FFI Raih Penghargaan untuk 120 Kali Donor Darah

Dari Kalimantan ada beberapa nama yang sudah malang melintang sebagai wasit futsal di berbagai kompetisi, di antaranya Elly Noorsanti dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Andrawan Kukuh Jatmiko dari Kota Balikpapan. Keduanya sudah secara rutin memimpin pertandingan di Liga Futsal Profesional sejak 2016.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini