Tidak Langsung Berikan Lisensi AFC Level 2, Asosiasi Futsal Jawa Barat Adakan Pelatihan Lebih Dulu

MNC Media, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428975 tidak-langsung-berikan-lisensi-afc-level-2-asosiasi-futsal-jawa-barat-adakan-pelatihan-lebih-dulu-vWU8y17bQj.jpg Suasana pelatihan tingkatan lisensi kepelatihan AFC Level 2 di Bandung. (Foto: MNC Media)

BANDUNG - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat menjalankan pelatihan bagi para pelatih futsal untuk tingkatan lisensi kepelatihan AFC Level 2 di Bandung, dari 14 sampai 20 Juni 2021.

 Lisensi AFC Level 2 merupakan lisensi tertinggi bagi para pelatih futsal di Indonesia saat ini. Lisensi AFC level 2 ini juga menjadi syarat mutlak untuk menjadi Pelatih Kepala bagi sebuah tim futsal yang bermain di Liga Futsal Profesional (untuk pelatih lokal non asing).

AFP Futsal Bandung

Rangkaian pelatihan ini berakhir Minggu 20 Juni 2021, saat 19 peserta terpilih setelah melewati beberapa kelas dan tes untuk mendapatkan lisensi level 2.

Ketua AFP Jawa Barat, Herman menjelaskan, jumlah pelatih berlisensi AFC Level 2 masih sangat terbatas di Jawa Barat. Padahal, mereka dibutuhkan untuk kemajuan futsal di Jawa Barat dan di Indonesia pada umumnya.

“Kami berharap SDM Pelatih yang berasal dari lulusan kursus ini bisa mengembangkan keilmuannya di daerah, kami menargetkan AFP Jawa Barat setidaknya harus memiliki minimal 50 pelatih AFC level 2, saat ini baru 22 pelatih” ungkap Herman.

Ujian dari lisensi kepelatihan AFC Level 2 lebih sulit dibanding level sebelumnya. Salah seorang peserta kursus asal Yogyakarta, Dalmaji mengatakan, ujian praktek taktikal untuk memperoleh lisensi ini menuntut peserta memiliki i kemampuan dan insting untuk dapat lebih komplek dan detail dalam melatih.

“Pada ujian lisensi AFC Level 2, ya tentunya tingkatannya lebih sulit, karena ujian praktek peserta sudah dituntut untuk bisa melakukan koreksi tidak hanya tactical individu akan tetapi tactical team yang lebih komplek. Baik dari inisiasi posisi, rotasi sampai di finishing” ujar Dalmaji.

Instruktur kepala, Andri Irawan mengatakan, seorang pelatih berlisensi AFC Level 2 tentu harus bisa mengenal pemainnya dan bisa mendoktrin pemainnya untuk dapat bermain sesuai keinginannya.

BACA JUGA: Asosiasi Futsal Kota Serang Adakan Kursus Wasit Level 2

“Tingkatan AFC level 2 memang lebih kepada bagaimana melatih pemain untuk merubah pola pikir di dalam 3 momentum sistem di futsal (menyerang, bertahan dan transisi). Peserta harus mampu meningkatkan potensi pemain dalam menjalankan 3 momentum sistem di futsal” ujar pelatih yang pernah menangani Timnas Futsal Indonesia ini.

(Ram)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini