5 Pemain Keturunan Ini Berpotensi Perkuat Pertahanan Timnas Indonesia, Vietnam Kesulitan Bobol Gawang Skuad Garuda?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 51 2430936 5-pemain-keturunan-ini-berpotensi-perkuat-pertahanan-timnas-indonesia-vietnam-kesulitan-bobol-gawang-skuad-garuda-5hLFBrTopj.jpg Kevin Diks, pemain keturunan Indonesia yang pernah tampil di Liga Champions bersama Feyenoord Rotterdam. (Foto: Instagram/@kevindiks2)

PERTAHANAN menjadi titik lemah Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat turun di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Bagaimana tidak, dari delapan pertandingan gawang Timnas Indonesia kemasukan 27 kali!

Jika dirata-rata, gawang Timnas Indonesia kemasukan 3,37 gol pertandingan. Jika pertahanan Timnas Indonesia masih rapuh saat menghadapi Taiwan di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, praktismen jadi masalah.

Timnas Prancis

Sebab, jika disingkirkan Taiwan, mimpi skuad Garuda tampil di Piala Asia 2023 otomatis tertutup. Karena itu, Langkah apa yang diambil PSSI demi memperbaki prestasi Timnas Indonesia?

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pemilihan pemain saat tampil di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 sepenuhnya ada di tangan Shin Tae-yong. Karena itu, siapa pun pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, PSSI memberi dukungan 100 persen.

"Terkait pemilihan pemain tentu menjadi kewenangan pelatih Shin Tae-yong. PSSI mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi hasil maksimal di playoff untuk lolos ke babak kualifikasi dan nantinya dapat meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023," kata Yunus Nusi mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (25/6/2021).

Shin Tae-yong

(Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong)

Berhubung Shin Tae-yong tak anti dengan pemain keturunan dan naturalisasi, bukan tak mungkin juru taktik asal Korea Selatan itu akan membuat gebrakan. Saat menghadapi Taiwan, bisa saja pemain-pemain keturunan di posisi belakang akan dipanggil Shin Tae-yong demi memperkuat pertahanan Timnas Indonesia.

BACA JUGA: 5 Pemain Keturunan Ini Perkuat Timnas Indonesia vs Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Setidaknya ada lima pemain keturunan yang dapat memperkuat jantung pertahanan Timnas Indonesia. Mereka ialah Sandy Walsh, Kevin Diks, Shayne Pattynama, Joseph Simatupang Ferguson dan Elkan Baggott.

Kabarnya, baru-baru ini Shin Tae-yong meminta salah satu pemain keturunan, Sandy Walsh, untuk gabung Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan Sandy Walsh saat dihubungi akun Instagram @indofootbalhd melalui direct message Instagram.

Sandy Walsh

(Sandy Walsh mengaku sudah dihubungi Shin Tae-yong)

“Halo bro, apakah benar Anda diminta bergabung ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong?,” tanya akun Instagram @indofootballhd.

“Hai teman, ya kami sudah berkontak tentang proses saya. Dia bertanya apakah saya ingin bergabung dan saya mengatakan kepadanya bahwa itu akan menjadi perasaan yang luar biasa untuk bergabung dengan Garuda (Timnas) Indonesia,” jawab Sandy Walsh.

Jika lima nama di atas didatangkan, betapa kuatnya lini pertahanan Timnas Indonesia. Kevin Diks biasa mentas sebagai fullback kanan, Shayne Pattynama (fullback kiri), Sandy Walsh (bek tengah dan fullback kanan), Elkan Baggott (bek tengah) dan Joseph Simatupang Ferguson (fullback kanan).

Kevin Diks

(Kevin Diks bisa perkuat Timnas Indonesia)

Jika empat bek sejajar diisi Kevin Diks, Sandy Walsh, Elkan Baggott dan Shayne Pattynama, sulit bagi Taiwan untuk menembus pertahanan Indonesia. Jangankan Taiwan, Vietnam yang saat ini berstatus Raja Asia Tenggara juga kerepotan untuk menembus pertahanan skuad Garuda.

Jadi bagaimana Shin Tae-yong, tertarik memanggil nama-nama di atas termasuk Elkan Baggott yang sempat batal hadir di pemusatan Latihan Timnas Indonesia medio Mei 2021?

Berikut 5 pemain keturunan yang dapat perkuat pertahanan Timnas Indonesia.

1. Sandy Walsh (KV Mechelen)

2. Kevin Diks (Aarhus FG)

3. Elkan Baggott (Ipswich Town)

4. Joseph Simatupang Ferguson (Blackburn Rovers U-18)

5. Shayne Pattynama (Viking FK)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini