Timnas Indonesia Tempati Peringkat Ketiga sebagai Tim Paling Fair Play di Asia Tenggara

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 51 2429829 timnas-indonesia-tempati-peringkat-ketiga-sebagai-tim-paling-fair-play-di-asia-tenggara-6hnxIVDuw2.jpg Timnas Indonesia saat tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Perjuangan Tim Nasional (Timnas) Indonesia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia telah berakhir. Namun, ada sejumlah catatan menarik yang berhasil dicapai skuad Garuda di ajang tersebut, yakni Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai tim paling fair play di antara tim-tim Asia Tenggara lainnya.

Timnas Indonesia berada di posisi ketiga sebagai tim yang bisa dikatakan bermain paling bersih karena sedikit melakukan pelanggaran hingga akhirnya diganjar kartu oleh wasit. Dari sembilan timnas Asia Tenggara yang tampil di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut, Indonesia hanya kalah dari Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Lantas bagaimana perhitungannya hingga Timnas Indonesia bisa berada di peringkat ketiga dalam peringkat fair play tersebut? Berdasarkan data dari Asian Football Confederation (AFC), setiap tim yang mendapatkan kartu kuning, maka akan ada pengurangan satu poin fair play.

Baca Juga: Daftar 12 Negara yang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Lalu dua kartu kuning dalam satu laga alias kartu merah tak langsung, maka pengurangan tiga poin fair play dilakukan. Terakhir, jika mendapatkan kartu merah, maka tim tersebut akan dikurangi empat poin fair play.

Indonesia sendiri mendapatkan 13 kartu kuning oleh wasit dari delapan pertandingan di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut. Paling banyak Timnas Indonesia mendapatkan kartu kuning adalah saat melawan Vietnam, di mana total dari dua pertemuan, skuad Garuada menerima delapan kartu kuning.

Jadi, poin fair play Timnas Indonesia hanya -13. Hal itulah yang membuat skuad asuhan Shin Tae-yong itu menempati peringkat ketiga sebagai tim paling fair play di Asia Tenggara pada ajang babak kedua Kualifikasi Piala Dunai 2022 Zona Asia.

Vietnam menjadi tim perwakilan Asia Tenggara yang paling bersih mainnya saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tercatat Vietnam hanya mendapatkan total -9 poin saja. Hebatnya Vietnam tak hanya menjadi tim yang paling bermain bersih di Asia Tenggara, namun mereka juga menjadi perwakilan satu-satunya dari ASEAN yang lolos ke babak ketiga.

Lalu di peringakt kedua dalam daftar tim paling fair play di Asia Tenggara dihuni oleh Thailand dan Filipina. Kedua tim tersebut sama-sama mengoleksi -11 poin.

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Lantas tim mana yang paling tidak fair play di Asia Tenggara saa menjalani babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut? Maka jawabannya adalah Malaysia dan Myanmar.

Malaysia yang juga tergabung dengan Timnas Indonesia di Grup F itu tercatat memiliki -20 poin. Sedangkan Myanmar memiliki -21 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini