Keputusan Wasit Anthony Taylor yang Langsung Panggil Tenaga Medis Selamatkan Nyawa Eriksen

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 51 2424278 keputusan-wasit-anthony-taylor-yang-langsung-panggil-tenaga-medis-selamatkan-nyawa-eriksen-4guDo9pCuq.JPG Momen para pemain Denmark membentuk tembok menggelilingi Eriksen yang sedang mendapatkan pertolongan dari tenaga medis. (Foto: Reuters)

KOPENHAGEN โ€“ Pertandingan Grup B Piala Eropa 2020 antara Tim Nasional (Denmark) vs Finlandia sampai saat ini ditunda karena adanya insiden tak sadarkan dirinya Christian Eriksen jelang babak pertama berakhir. Eriksen yang terkapar di pinggir lapangan hampir saja kehilangan nyawanya jika saja tak mendapatkan respons yang cepat dari tenaga medis.

Tentunya semua itu dapat terjadi berkat keputusan cepat yang diambil oleh wasit di pertandingan tersebut, yakni Anthony Taylor. Taylor yang posisinya tak berada jauh dari lokasi Eriksen terkapar dengan cepat menghentikan laga dan memanggil tenaga medis.

Pada saat memanggil tenaga medis, Taylor sebenarnya tak melihat kondisi Eriksen secara detail. Namun, ia yang melihat gelandang Inter Milan itu terjatuh tak sadarkan diri, ternyata sudah untuk meyakinkannya menghentikan laga dan memanggil tenaga medis.

Baca Juga:ย Lindungi Christian Eriksen dari Sorotan Kamera, Aksi Pemain Timnas Denmark Panen Pujian

Kondisi Eriksen di laga Denmark vs Finlandia

Apa yang dilakukan Taylor jelas sangatlah tepat. Ia berhasil menyelamatkan nyawa Eriksen yang sempat tak sadarkan diri di pinggir lapangan itu. Eriksen pun sempat mendapatkan tindangan pertolongan pertama (CPR) ketika ambruk di pinggir lapangan oleh pihak medis.

Bahkan defibrillator digunakan juga untuk menyadarkan gelandang Denmark tersebut. Selain Taylor, bek Denmark, Simon Kjaer juga terlibat dalam penyelamatan Eriksen.

Pasalnya Kjaer memastikan tidak menelan lidah yang bisa saja menutup aliran pernafasan Eriksen. Kapten Denmark itu juga yang meminta kepada para pemain untuk menggelilingi Eriksen saat sedang diselamatkan oleh pihak medis.

Untungnya, Eriksen sudah sadarkan diri ketika dibawa ke ambulans. Kini kondisi Eriksen dikabarkan sudah stabil dan telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut.

โ€œSetelah keadaan darurat medis untuk Eriksen, pertemuan dadakan telah dilakukan dengan kedua tim dan ofisial pertandingan dan informasi lebih lanjut akan dikomunikasikan pada 19:45 waktu setempat. Pemain (Eriksen) telah dipindahkan ke rumah sakit dan telah stabil,โ€ bunyi cuitan akun twitter resmi UEFA, Minggu (13/6/2021).

Wasit Taylor berbincang dengan pelatih Denmark dan Finlandia

Untuk sekarang ini, pihak panitia UEFA dan perwakilan Denmark serta Finlandia sedang melakukan pertemuan dadakan. Pertemuan itu untuk membahas berlanjut atau tidaknya laga duel Denmark vs Finlandia di Stadion Parken pada Minggu (13/6/2021).

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTv

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini