5 Tim Nasional Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020, Nomor 1 Skuad Seharga Rp22 Triliun

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 51 2423338 5-tim-nasional-calon-kuat-juara-piala-eropa-2020-nomor-1-skuad-seharga-rp22-triliun-UE7Pw7VpEB.jpg Cristiano Ronaldo (paling kiri) saat memberi semangat kepada skuad Portugal jelang laga kontra Israel. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

SEBANYAK lima tim nasional (Timnas) diprediksi sebagai calon kuat juara Piala Eropa 2020. Performa di turnamen terakhir dan kondisi terkini, jadi alasan Timnas-timnas yang akan Okezone bahas di bawah ini masuk kandidat juara Piala Eropa 2020.

Dari lima Timnas yang akan dibahas di bawah ini, Prancis jadi salah satu kandidat. Status juara Piala Dunia 2018 membuat Les Bleus –julukan Prancis– datang ke ajang empat tahunan ini dengan kepercayaan diri tinggi. Jadi, siapa saja Tim Nasional calon kuat juara Piala Eropa 2020?

Berikut 5 tim nasional calon kuat juara Piala Eropa 2020:

5. Timnas Belgia

Timnas Belgia

Sulit mencoret Timnas Belgia dari daftar ini, mengingat mereka berstatus penghuni peringkat satu FIFA dan finis ketiga di Piala Dunia 2018. Kehadiran Roberto Martinez di kursi pelatih dan keberadaan pemain-pemain bintang macam Romelu Lukaku, Youri Tielemans hingga Kevin De Bruyne, membuat Belgia dipercaya tampil solid di Piala Eropa 2020.

Romelu Lukaku dapat jadi senjata mematikan bagi Timnas Belgia. Umpan-umpan berkelas Kevin De Bruyne dipercaya dapat memanjakan penyerang yang merebut status runner-up top skor Liga Italia 2020-2021 tersebut.

Di Piala Eropa 2020, Timnas Belgia tergabung di Grup B bersama Denmark, Rusia dan Finlandia. Selintas, Belgia diprediksi mampu menggilas lawan-lawannya. Baru di babak 16 besar, Belgia berpotensi bertemu dengan salah satu dari Prancis, Jerman atau Portugal, namun peluangnya hanya 25 persen.

4. Timnas Italia

Timnas Italia

Timnas Italia tidak mempunyai catatan apik di Piala Dunia dan Piala Eropa kelar Piala Dunia 2006. Namun, optimisme itu berubah di bawah penanganan Roberto Mancini. Tercatat dalam 25 laga terakhir, Gli Azzurri –julukan Italia– tidak terkalahkan dengan koleksi 20 menang dan lima imbang.

BACA JUGA: 4 Pemain Bintang di Grup F Piala Eropa, Perang Pesepakbola Top

Bahkan dalam enam laga terkini, Timnas Italia tidak kebobolan! Modal itu dapat membantu Timnas Italia yang tergabung di Grup A Piala Eropa 2020 bersama Turki, Swiss dan Wales. Jadi, sanggup berjaya Ciro Immobile dan kawan-kawan?

3. Timnas Portugal

Timnas Portugal

Timnas Portugal saat ini jauh lebih solid ketimbang saat mereka menjuarai Piala Eropa 2016. Saat itu, hanya Cristiano Ronaldo dan Pepe Lima, pemain Portugal yang berstatus bintang. Bagaimana dengan saat ini? Timnas Portugal mempunyai pemain bintang di setiap posisi seperti Ruben Dias (bek tengah), Bruno Fernandes (gelandang) hingga Cristiano Ronaldo (penyerang tengah).

Portugal pun dihadapkan dengan grup neraka (F) di Piala Eropa 2020 bareng Prancis, Jerman dan Hungaria. Namun, lewat kesolidan tim, Seleccao das Quinas –julukan Portugal– diprediksi dapat berbicara banyak di Piala Eropa 2020.

2. Timnas Prancis

Timnas Prancis

Timnas Prancis jadi salah satu unggulan di ajang ini. Les Bleus –julukan Prancis– diprediksi lebih ganas ketimbang saat menjuarai Piala Dunia 2018 karena dua hal. Pertama, Kylian Mbappe lebih matang sebagai pesepakbola.

Pada 2018, usia Mbappe masih 19 tahun dan masih terhitung labil. Kali ini Mbappe sudah tumbuh sebagai pesepakbola top. Musim ini saja bersama PSG, Mbappe tampil gila dengan mengoleksi 42 gol dari 47 penampilan bersama Les Parisiens –julukan PSG.

Modal lain yang dimiliki PSG adalah kehadiran Karim Benzema. Karim Benzema yang mengemas 30 gol bersama Real Madrid musim ini dipercaya dapat memberikan warna baru bagi permainan Timnas Prancis. Kehadiran Benzema membuat permainan Prancis jadi sulit untuk ditebak.

1. Timnas Inggris

Timnas Inggris

Timnas Inggris dihuni pemain-pemain muda bertalenta seperti Marcus Rahsford, Phil Foden, Jadon Sancho hingga Jude Bellingham. Kehadiran pemain muda itu dibantu pesepakbola berpengalaman macam Harry Kane.

Perpaduan antara pemain muda dan pemain senior, membuat Timnas Inggris racikan Gareth Southgate layak disegani. Ketimbang tim lainnya, Timnas Inggris mempunyai kedalaman skuad yang sangat mumpuni.

Ambil contoh di posisi winger kiri dalam pola 4-3-3 racikan Southgate. Di sana terdapat Raheem Sterling, Marcus Rashford hingga Phil Foden. Bahkan, Jadon Sancho pun dapat bermain di posisi tersebut.

Alhasil, Timnas Inggris pun tercatat mempunyai skuad paling mahal di Piala Eropa 2020, yakni mencapai 1,27 miliarr euro atau setara Rp22 triliun!

Jadi, sanggupkah Timnnas Inggris memenangkan trofi Piala Eropa pertamanya?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini