Kilas Balik Piala Eropa 2012: Timnas Spanyol Kembali Jadi Raja

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 51 2423012 kilas-balik-piala-eropa-2012-timnas-spanyol-kembali-jadi-raja-RiToNPEu8j.jpg Timnas Spanyol (Foto: Reuters)

KILAS balik Piala Eropa 2012 yang berlangsung di Polandia dan Ukraina pada 8 Juni hingga 1 Juli 2012. Tim Nasional (Timnas) Spanyol mampu mempertahankan gelar juara mereka pada Piala Eropa edisi ke-14 itu.

Timnas Spanyol datang ke Piala Eropa 2020 sebagai calon kuat juara. Bagaimana tidak, La Furia Roja -julukan Timnas Spanyol- merupakan juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008.

Cesc Fabregas (Foto: Reuters)

Selain itu, Timnas Spanyol pun masih diperkuat oleh para pemain yang disebut sebagai generasi emas. Banyak pemain inti pada dua turnamen sebelumnya masih tampil di Piala Eropa 2012.

Timnas Spanyol tergabung ke Grup C bersama Italia, Kroasia, dan Republik Irlandia. Timnas Spanyol memulai kampanye mereka dengan hasil imbang 1-1 atas Italia. Setelah itu, Timnas Spanyol mengalahkan Republik Irlandia (4-0) dan Kroasia (1-0).

BACA JUGA: 4 Pemain Bintang di Grup E Piala Eropa 2020, Ada The Next Andres Iniesta

Timnas Spanyol lolos sebagai juara Grup C ditemani Italia sebagai runner-up. Pada babak perempatfinal, Timnas Spanyol menghadapi tim kuat lainnya, Prancis.

Meski begitu, Timnas Spanyol mampu menang 2-0 atas Prancis berkat gol-gol dari Xabi Alonso. La Furia Roja pun melaju ke semifinal untuk menghadapi Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo.

Pertandingan berjalan ketat sehingga skor kacamata pun bertahan sampai waktu normal selesai. Dalam babak adu penalti, Timnas Spanyol menang 4-2 atas Portugal.

Timnas Spanyol pun mencapai final untuk berjumpa dengan sesama jebolan Grup C, yaitu Italia. Gli Azzurri -julukan Italia- lolos ke final usai menyingkirkan Inggris (perempatfinal) dan Jerman (semifinal).

Andres Iniesta (Foto: Reuters)

Berdasarkan hasil pertemuan pertama, pertandingan diprediksi berjalan sengit. Akan tetapi, Timnas Spanyol justru digdaya atas Italia. La Furia Roja membantai Italia 4-0 berkat gol-gol dari David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata.

Timnas Spanyol pun mempertahankan gelar juara sekaligus meraih trofi Piala Eropa ketiga mereka. Keberhasilan itu berkat usaha keras dari semua elemen di Timnas Spanyol.

Namun, jika boleh memilih satu pemain, Andres Iniesta adalah penampil terbaik untuk Timnas Spanyol. Bagaimana tidak, Iniesta menjadi otak gaya main tiki-taka La Furia Roja. Dia bahkan menerima penghargaan Pemain Terbaik Piala Eropa 2012.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini