Klub Liga Inggris yang Terlibat ESL Didenda Rp383 Miliar dan Terancam Pengurangan 30 Poin

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 45 2422700 klub-liga-inggris-yang-terlibat-esl-didenda-rp383-miliar-dan-terancam-pengurangan-30-poin-VB6gwkM9lq.jpg Logo Liga Super Eropa (Foto:

LONDON – Keenam klub Liga Inggris yang sempat menjadi anggota kompetisi Liga Super Eropa (ESL) mendapatkan hukuman denda sebesar 22 juta euro atau sekira Rp383 miliar. Mereka juga diancam pengurangan 30 poin jika kembali terlibat.

Sebagaimana diketahui dalam beberapa hari terakhir pecinta sepakbola memang disuguhi dengan pemberitaan seputar Liga Super Eropa. ESL sendiri adalah kompetisi tandingan yang dipelopori oleh 12 tim besar Eropa, lantaran kecewa dengan sikap induk sepakbola Eropa (UEFA).

Manchester United

Ke-12 klub papan atas Eropa tersebut adalah Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, AC Milan, Inter Milan, Juventus, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Ya, ke-12 klub tersebut memutuskan membuat kompetisi tandingan dari Liga Champions, dikarenakan merasa dicurangi oleh UEFA. Terlebih dengan fakta bahwa hadiah kompetisi paling bergenggsi itu semakin turun dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: Juventus Resmi Dicoret dari Liga Italia dan Liga Champions Bulan Ini? Lebih Nyesek ketimbang 2006!

Akan tetapi ESL mendapatkan tentangan dari UEFA dan juga induk sepakbola Dunia (FIFA). Bahkan keduanya meminta induk sepakbola masing-masing negara untuk ikut memberikan ancaman kepada setiap klub yang tampil di Liga Super Eropa dengan hukuman maha berat.

Ancaman itu pun membuat para keenam klub Liga Inggris akhirnya memutuskan mundur dari ESL. Meski sudah memutuskan mundur, keenam klub Liga Inggris itu tetap mendapatkan hukuman dari induk sepakbola Inggris, yakni FA.

FA memberikan hukuman kepada keenam klub tersebut dengan denda sebesar 22 juta euro atau sekira Rp383 miliar. Mereka juga bakal menambah hukuman berupa pengurangan 30 poin, apabila keenam klub tersebut kembali terlibat pada proyek ESL ke depannya.

Chelsea

Sejauh ini, hanya tinggal Juve, Madrid, dan Barca yang belum memutuskan untuk mundur dari ESL. Padahal UEFA sudah memberikan ancaman kepada ketiga klub tersebut, yaitu mencoret keikutsertaan mereka di Liga Champions.

Baca Juga: Juventus Resmi Terlempar dari Liga Italia dan Liga Champions Bulan Ini?

Akan tetapi hingga ini, UEFA masih belum juga menjatuhkan hukuman kepada Juve, Madrid, dan Barca. Kini semakin menarik sampai mana drama mengenai ESL ini berlanjut, apakah ketiga klub itu akhirnya dijatuhkan hukuman atau tidak?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini