Kilas Balik Piala Eropa 2004: Yunani Hadirkan Kejutan Besar

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 51 2422020 kilas-balik-piala-eropa-2004-yunani-hadirkan-kejutan-besar-vKARUHEOi9.jpg Timnas Yunani. (Foto: UEFA)

PIALA Eropa 2004 bisa jadi salah satu edisi terbaik dari penyelenggaran turnamen sepakbola antarnegara Eropa tersebut. Sebab, di turnamen edisi tersebut, hadir banyak sekali kejutan yang khususnya datang dari Yunani.

Ya, Yunani yang tak pernah dijagokan dalam gelaran Piala Eropa 2004, ternyata bisa berbicara banyak. Mereka mengguncang dunia sepakbola Eropa hingga menarik perhatian dari publik dunia. Seperti apa lengkapnya penyelenggaraan Piala Eropa 2004? Mari membahas lebih dalam.

Timnas Yunani

Turnamen Piala Eropa 2004 sendiri diketahui digelar di Portugal. Dengan statusnya sebagai tuan rumah, Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo, Luis Figo, dan pemain bintang lain jadi salah satu tim yang dijagokan bakal menjadi juara.

Portugal pun otomatis menjadi masuk putaran final. Semetara 15 tiket lainnya diperebutkan 50 negara lewat babak kualifikasi. Ke-15 tim tersebut ialah Yunani, Spanyol, Rusia, Prancis, Inggris, Kroasia, Swiss, Swedia, Denmark, Italia, Bulgaria, Republik Ceko, Belanda, Jerman, dan Latvia.

BACA JUGA: Piala Eropa 2020 di Depan Mata, Southgate Bingung Tentukan Pemain Inti Timnas Inggris

Sejatinya, perhatian seharusnya tertuju kepada Portugal dan juga tim-tim besar. Tetapi, kondisinya berbeda karena Yunani yang tampil mengejutkan hingga menyedot perhatian.

BACA JUGA: Jadi Official Broadcaster Piala Eropa 2020, Hary Tanoe Sebut MNC Group Berkomitmen Hibur Masyarakat

Yunani mengawali babak kualifikasi dengan baik. Mereka langsung melibas tuan rumah di partai pembuka dengan skor 2-1. Yunani pun lolos ke babak perempatfinal usai merebut empat poin. Dia mendampingi Portugal melenggang ke babak berikutnya.

Di babak perempatfinal, lagi-lagi Yunani membuat kejutan dengan melibas Prancis dengan skor 1-0. Angelos Charisteas jadi pahlawan kemenangan Yunani untuk melenggang ke babak semifinal kala itu.

Pada babak semifinal, Yunani harus menghadapi Republik Ceko. Lagi-lagi, laga sengit tersaji dalam pertemuan kedua tim itu. Tetapi, Yunani berhasil menjaga langkahnya di pentas Piala Eropa 2004 menang tipis atas Ceko dengan skor 1-0.

Kemenangan ini pun diraih usai bertarung hingga babak perpanjangan waktu. Gol Trauanos Dellas di menit 105+1 yang mengantar Yunani menembus ke babak final Piala Eropa 2004.

Timnas Yunani

Mereka dipertemukan dengan tuan rumah Portugal di partai final. Ronaldo dan kawan-kawan merebut tiket ke babak pamungkas usai mengalahkan Belanda dengan skor 2-1. Ronaldo turut menyumbangkan satu gol dalam kemenangan tersebut.

Tekanan besar tentunya datang kepada Yunani saat melakoni laga final di kandang Portugal. Laga yang berlangsung di Stadion da Luz, Lisbon, itu pun terbukti berjalan sangat sengit. Tampil di hadapan 62 ribu lebih penonton, Yunani makin mendapatkan tekanan besar.

Tetapi, mereka berhasil membuktikan diri mampu mengatasi tekanan tersebut. Alhasil, laga dimenangkan oleh Yunani dengan skor 1-0. Charisteas jadi pahlawan kemenangan lagi dalam kesuksesan Yunani menyabet gelar juara pertama di Piala Eropa.

Yunani makin menambah kesuksesannya di Piala Eropa 2004 karena sang kapten, Zagorakis, terpilih sebagai pemain terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini