Juventus, Real Madrid dan Barcelona Resmi Dicoret dari Liga Champions Hari Rabu Gara-Gara Liga Super Eropa?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 51 2421484 juventus-real-madrid-dan-barcelona-resmi-dicoret-dari-liga-champions-hari-rabu-gara-gara-liga-super-eropa-cfwB84Id6z.jpg Juventus dicoret dari Liga Champions 2021-2022? (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) kabarnya akan menjatuhkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona perihal keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu, 9 Juni 2021. Menurut laporan La Reppublica, ada dua hukuman yang bisa diterima ketiga klub di atas, yakni larangan tampl di Liga Champions selama dua tahun atau dikenai denda.

“UEFA akan mengumumkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona atas keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu. Tujuannya, UEFA ingin menyelesaikan masalah sebelum Piala Eropa 2020 yang mulai bergulir Jumat malam,” tulis La Reppublica, Okezone mengutip dari Football Italia, Senin (7/6/2021).

Juventus

(Juventus terancam dicoret dari Liga Champions 2021-2022)

“Mungkin saja mereka dikeluarkan dari Liga Champions musim depan, atau bisa juga denda. Juventus, Real Madrid dan Barcelona merupakan tim yang berkomitmen di ajang Liga Super Eropa,” lanjut laporan tersebut.

Awalnya ada 12 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa, kompetisi tandingan Liga Champions. Mereka ialah Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Inter Milan, Juventus, AC Milan, Atletico Madrid, Real Madrid dan Barcelona.

Ketika 12 klub di atas sepakat meluncurkan Liga Super Eropa, UEFA bergerak cepat. Mereka menggandeng FIFA dan tiga penyelenggara Liga Spanyol, Italia dan Inggris.

BACA JUGA: Jual Cristiano Ronaldo, Juventus Beli 4-6 Pemain pada Musim Panas 2021

Saat itu, UEFA tak segan mencoret klub-klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa dari ajang yang mereka kelola seperti Liga Champions dan Liga Eropa. Gertakan dari UEFA rupanya membuat takut sembilan klub di antaranya.

Sebanyak sembilan klub yakni Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Inter Milan, AC Milan dan Atletico Madrid memutuskan untuk mundur. Tersisa Juventus, Real Madrid dan Barcelona.

Real Madrid

Tersisanya tiga klub ini tidak mengherankan. Sebab, presiden Real Madrid Florentino Perez dan Juventus Andrea Agnelli merupakan petinggi Liga Super Eropa. Florentino Perez menjabat sebagai presiden, sedangkan Agnelli wakilnya.

Sementara Barcelona membutuhkan turnamen Liga Super Eropa yang menjanjikan banyak uang, demi menghindari mereka dari kebangkrutan. Jadi, akankah Barcelona, Real Madrid dan Juventus dilarang UEFA tampil di Liga Champions musim depan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini