Takut Loyo di Piala Eropa 2020, Timnas Belgia Tolak Divaksin

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 51 2419662 takut-loyo-di-piala-eropa-2020-timnas-belgia-tolak-divaksin-0oCyu6QYyt.jpg Timnas Belgia (Foto: Reuters)

BRUSSEL – Personel tim nasional (Timnas) Belgia menolak penawaran dari pemerintah negaranya untuk mendapatkan suntikan vaksin jelang mentas di Piala Eropa 2020. Ya, para pemain Timnas Belgia takut mengalami penurunan performa di Piala Eropa 2020 karena efek samping dari vaksin.

Sebagaimana diketahui, pandemi COVID-19 memang belum berakhir. Berbagai cara pun dilakukan oleh sejumlah negara untuk bisa menyudahi pandemi ini, salah satunya adalah melakukan vaksinasi kepada rakyatnya.

Timnas Belgia

Akan tetapi langkah ini nampaknya takkan diambil oleh sebagian besar personel Timnas Belgia jelang tampil di Piala Eropa 2020. Meski sebelumnya, Federasi Sepakbola Belgia memang secara khusus meminta pemerintah untuk memberikan vaksin kepada personel skuad berjuluk De Rode Duivels itu.

Hal tersebut diambil demi menjaga para pemain Timnas Belgia terhindar dari masalah selama mentas di Piala Eropa 2020. Namun pada saat pemerintah Belgia memberikan lampu hijau, sebagian besar pemain Timnas Belgia justru menolak disuntik vaksin.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Keringat Dingin, Pelatih Timnas Belgia Tunggu Kabar Baik dari Kevin De Bruyne

Ya, menurut laporan dari The Guardian, Kamis (3/6/2021), sebagian pemain Timnas Belgia yang menolak divaksinasi. Terhitung hanya empat pemain Timnas Belgia yang bersedia disuntik vaksin, yakni Toby Alderweireld, Timothy Castagne, Thibaut Courtois, hingga Thomas Vermaelen.

Penyebab mayoritas pemain Timnas Belgia menolak adalah takut mengalami efek samping dari vaksinasi tersebut selama tampil di Piala Eropa 2020. Pasalnya vaksin COVID-19 sendiri memang memiliki efek samping seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, panas dingin, hingga demam.

Penolakan Timnas Belgia disuntik vaksin sendiri memang masuk akal, mengingat mereka adalah salah satu tim unggulan di Piala Eropa 2020. Selain materi pemain yang mumpuni, Timnas Belgia sendiri memang jadi tim terbaik dalam peringkat FIFA saat ini.

Timnas Belgia

Timnas Belgia sendiri tergabung di Grup B pada putaran final Piala Eropa 2020. Tim asuhan Roberto Martinez tersebut tergabung di Grup B Piala Eropa 2020 bersama Finlandia, Denmark, serta Rusia.

Baca Juga: Alami Cedera Parah, De Bruyne Diminta Jangan Ikut Belgia ke Piala Eropa 2020

Timnas Belgia pun bakal mengawali kampanye mereka di Grup B Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Rusia. Pertandingan antara Belgia melawan Rusia sendiri bakal berlangsung di Krestovsky Stadium, pada 13 Juni 2021, dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini