Hati-Hati Chelsea! Rekor Josep Guardiola di Final Sungguh Luar Biasa

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 03:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 261 2417070 hati-hati-chelsea-rekor-josep-guardiola-di-final-sungguh-luar-biasa-6IiJhHk0yP.jpg Josep Guardiola (Foto: Reuters)

PORTO – Final Liga Champions 2020-2021 mempertemukan dua tim Inggris, Manchester City dan Chelsea, di Stadion do Dragao, Porto, Portugal, Minggu 30 Mei 2021, dini hari WIB. Chelsea harus berhati-hati karena Man City diuntungkan dengan rekor apik sang Pelatih, Josep Guardiola.

Menurut Whoscored, Guardiola punya catatan bagus saat bertanding di final. Sejak melatih profesional pada musim 2008-2009, Guardiola 12 kali berlaga di final dengan catatan 11 kemenangan dan satu kekalahan.

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Catatan itu menunjukkan, bahwa Guardiola hampir selalu membawa timnya juara jika telah mencapai final. Catatan itu menguntungkan Man City yang merupakan anak kemarin sore di final Liga Champions.

Sekadar informasi, ini merupakan final Liga Champions dalam sejarah Man City. Pengalaman The Citizens -julukan Man City- kalah dari lawan mereka, Chelsea.

BACA JUGA: Rider MotoGP Tebak Hasil Final Liga Champions, Valentino Rossi Prediksi hingga Adu Penalti

The Blues -julukan Chelsea- dua kali tampil di final Liga Champions yang berakhir dengan hasil berbeda. Chelsea kalah dari Manchester United dalam adu penalti pada musim 2007-2008 dan menang atas Bayern Munich selang empat musim setelahnya.

BACA JUGA: Timo Werner: Tak Ada Pertandingan yang Lebih Besar dari Final Liga Champions!

Chelsea punya satu trofi Liga Champions di lemarinya, sedangkan Man City tidak sama sekali. Itu menjadi pembeda di antara kedua finalis Liga Champions musim ini.

Namun, rekor apik Guardiola di final cukup menguntungkan Man City. Selain itu, secara kualitas, Man City pun sedikit berada di atas Chelsea.

Man City adalah juara Liga Champions dan Piala Liga Inggris musim ini, sedangkan Chelsea nihil gelar di kompetisi domestik. Liga Champions adalah satu-satunya kompetisi yang mungkin Chelsea juarai pada musim ini.

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Jika Man City bisa mengalahkan Chelsea, Guardiola akhirnya mematahkan tren buruknya di Liga Champions yang tidak bisa juara tanpa Lionel Messi. Sekadar informasi, Guardiola sudah dua kali menjuarai Liga Champions (2008-2009 dan 2010-2011), tetapi itu dilakukan bersama Barcelona dan Messi.

Sementara itu, kemenangan atas Chelsea akan menghadirkan sejarah baru bagi Man City. The Citizens akan menjadi tim ke-23 yang menjuarai kompetisi terelite di Benua Biru itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini