Share

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpico

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 51 2416911 profil-stadion-piala-eropa-2020-olimpico-9iinUcvuH3.jpg Stadion Olimpico. (Foto: Reuters)

AJANG Piala Eropa 2020 akan segera bergulir. Tepatnya, kompetisi sepakbola empat tahunan antarnegara Eropa itu akan mulai digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Ada 11 negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Eropa edisi kali ini. Salah satunya ialah Stadion Olimpico. Salah satu stadion kebanggaan Italia ini akan menggelar sejumlah laga seru dan menarik.

Sejarah Stadion Olimpico

Stadion Olimpico merupakan fasilitas olahraga terbesar di Roma, Italia. Stadion ini bisa menampung 70.634 penonton. Dengan terletak di Roma, stadion ini sekaligus menjadi tuan rumah dari klub sepakbola AS Roma. Selain itu, Lazio juga menjadikan Stadion Olimpico sebagai markasnya.

Soal berdirinya stadion ini, Olimpico mulai berada pada 1937. Awalnya, stadion ini tak bernama Olimpico, melainkan Stadio dei Cipressi. Mengingat sudah lamanya stadion itu berdiri, Olimpico dianggap sebagai salah satu stadion tertua di dunia.

Stadion Olimpico

Pada 1950, stadion tersebut mengalami renovasi. Setelah rampung, stadion ini langsung mengalami perubahan nama. Pada 1953, diumumkan nama barunya, yakni Stadion dei Centomila.

Baru pada 1960, stadion ini mulai disebut Olimpico. Pada tahun itu, Stadion Olimpico pun ditunjuk untuk menggelar upacara pembukaan Olimpiade. Selama Olimpiade Musim Panas 1960, stadion ini menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan serta menggelar pertandingan untuk cabang olahraga atletik.

Pada 1989, Olimpico menjalani proses renovasi sebagai persiapan salah satu venue untuk Piala Dunia 1990, di mana Italia berstatus sebagai tuan rumah. Kala itu, Olimpico bahkan dipercaya menggelar partai final yang mempertemukan Jerman Barat kontra Argentina.

Renovasi Stadion Olimpico pun tak berhenti sampai di situ. Beberapa perombakan kembali dilakukan hingga mencapai teranyar terjadi pada 2007. Stadion dipoles menjadi lebih keren hingga akhirnya ditunjuk menggelar pertandingan-pertandingan penting lainnya, salah satunya final Liga Champions pada 2009.

Laga yang Pernah Digelar di Stadion Olimpico

Stadion Olimpico jadi salah satu tempat bersejarah karena pernah menjadi saksi bisu sederet pertandingan hingga ajang penting di dunia sepakbola. Untuk kompetisi bergengsi, Stadion Olimpico mulai mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah pada 1960 dengan menjadi menyelenggarakan Olimpiade musim panas.

Delapan tahun kemudian, stadion ini dipercaya menggelaar Piala Eropa 1986. Kompetisi ini pun dimenangi oleh Italia usai mengalahkan Yugoslavia di partai final.

Stadion Olimpico

Selanjutnya, Stadion Olimpico juga menggelar Kejuaraan Atletik Eropa pada 1974 hingga partai Final Liga Eropa pada 1977. Kala itu, laga dimenangkan oleh Liverpool yang melibas Borussia Monchengladbach dengan skor 3-1.

Untuk menjadi tuan rumah final Liga Eropa, Olimpico tak hanya sekali mengalaminya. Pada 1984, stadion ini kembali ditunjuk menggelar laga penting itu.

Final Liga Champions pun pernah turut digelar di stadion kebanggaan masyarakat Roma ini. Hal itu tepatnya terjadi pada 1996 dan 2009. Pada edisi 1996, Stadion Olimpico menjadi saksi kejayaan Juventus yang sukses mengangkat trofi juara usai membungkam Ajax Amsterdam lewat drama adu penalti. Sementara pada 2009, giliran Barcelona yang merayakan gelarnya di Stadion Olimpico usai mengalahkan Manchester United dengan skor 2-0.

Stadion ini juga pernah ditunjuk untuk menggelar Piala Dunia pada 1990. Ada juga Piala Eropa yang digelar di Stadion Olimpico pada 1980. Dengan begitu, stadion ini menjadi sangat bersejarah dan penting dalam perjalanan sepakbola dunia.

Pertandingan Piala Eropa 2020 yang Digelar di Stadion Olimpico

Tahun ini, Stadion Olimpico akan kembali menjadi saksi perjalanan pesepakbola top Eropa untuk memperebutkan gelar juara Piala Eropa 2020. Ada empat tim yang akan berlaga di sana.

Mereka ialah Italia, Swiss, Wales, dan juga Turki. Keempat tim ini diketahui bernaung di grup A dalam babak penyisihan grup Piala Eropa 2020. Selain menggelar pertandingan penyisihan grup, venue ini juga akan menggelar laga perempatfinal.

Berikut jadwal lengkap pertandingan yang digelar di Stadion Olimpico:

12 Juni 2020

Turki vs Italia

17 Juni 2020

Italia vs Swiss

21 Juni 2020

Italia vs Wales

4 Juli 2020

Perempatfinal

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini