Persib Bandung Adakan Perang Saudara, Apa Maksudnya?

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 49 2415906 persib-bandung-adakan-perang-saudara-apa-maksudnya-Z8ljSEY06f.jpg Robert Rene Alberts (kanan) saat berbincang dengan Beckham Putra. (Foto: Persib.co.id/Amandeep Rohimah)

BANDUNG Persib Bandung kesulitan mencari lawan tanding jelang turun di Liga 1 2021. Namun, tim kepelatihan Maung Bandung –julukan Persib Bandung– tidak kehilangan akhir.

Akhir pekan ini, mereka akan mengadakan perang saudara alias menggelar game internal. Tim akan dibagi dua dan dibuat bertarung satu sama lain.

Robert Rene Alberts

(Robert Albert saat pimpin sesi latihan Persib Bandung. (Foto: Annisa Nurinsani/MPI)

Selain karena belum mendapat lawan uji coba, langkah ini diambil agar tim tidak 'kaget' dengan lawan yang dihadapi. Sebab, situasi pertandingan dalam game internal dengan melawan tim lain bakal berbeda.

Ketika melawan tim lain, pertandingan berpotensi berjalan lebih keras dan kompetitif. Sebaliknya, saat melawan rekan sendiri, pertandingan bisa berjalan lebih ringan. Meski begitu, para pemain tetap akan diminta tampil maksimal saat game internal nanti.

"Untuk sabtu pekan ini kami akan bermain antara pemain kami saja karena ini jadi yang pertama setelah (libur latihan) cukup lama. Baru setelah itu diharapkan kami bisa memainkan uji coba dan itu dilakukan pada pekan berikutnya dengan menghadapi lawan tanding," kata pelatih Robert Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Diakuinya, tak mudah mencari lawan tanding di tengah pandemi COVID-19. Apalagi, tim-tim lain juga pasti sedang bersiap menatap kompetisi. Selain itu, tim lokal juga banyak yang belum beraktivitas normal dan bersedia jadi lawan uji coba.

BACA JUGA: Jelang Kongres PSSI, Pelatih Persib Bandung: Semoga Berjalan Adil

Namun, ia berharap segera ada kepastian untuk jadi lawan uji coba Persib Bandung pada pekan depan. Sehingga, agenda dan program tim tidak terganggu.

"Kami masih mencarinya. Untuk pekan ini baru game internal, baru pekan berikutnya bertanding melawan tim lain," ungkap pelatih asal Belanda tersebut.

Vaksin Persib Bandung

(Persib saat turun di Piala Menpora 2021. (Foto: PT LIB)

Sementara untuk program latihan hari ini, Robert melakukan tes VO2 Max kepada seluruh pemain. Tujuannya untuk melihat kondisi teranyar pemain setelah libur latihan sekitar tiga pekan dan baru kembali berlatih awal pekan ini.

"Hari ini kami melakukan tes Vo2Max untuk mengetahui indikasi awal di mana kondisi pemain dalam hal kebugaran fisik dan daya tahan mereka. Kami akan menganalisanya dan diharapkan besok sore atau hari Kamis sudah diketahui hasilnya," jelas Robert.

Selain itu, tim juga menjalani dua kali latihan. Pagi hari tim berlatih di lapangan, sedangkan sore berlatih kebugaran. Robert pun bersyukur karena latihan kebugaran bisa dilakukan di waktu yang fleksibel. Itu karena Persib kini memiliki tempat kebugaran sendiri di Stadion Persib sejak tahun lalu."Kami punya privasi, tidak perlu pergi ke gym umum, dan ini langkah maju bagi Persib," tandas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini