UEFA Buka Investigasi: Barcelona, Real Madrid dan Juventus Dicoret dari Liga Champions?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 261 2415626 uefa-buka-investigasi-barcelona-real-madrid-dan-juventus-dicoret-dari-liga-champions-POFJcF6vW6.jpg Juventus dari Liga Champions 2021-2022? (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) resmi melakukan investigasi kepada tiga klub yang belum mundur ajang Liga Super Eropa, yakni Barcelona, Real Madrid dan Juventus. Apakah ini pertanda Real Madrid, Juventus dan Barcelona dilarang tampil di Liga Champions musim depan?

“Menyusul penyelidikan yang dilakukan oleh UEFA Ethics and Disiplinary Inspectors sehubungan dengan apa yang disebut proyek Liga Super,” bunyi pernyataan UEFA dalam laman resminya, Rabu (26/5/2021).

Barcelona

(Barcelona dan Real Madrid berpotensi dihukum UEFA)

“Proses disipliner telah dibuka terhadap Real Madrid, FC Barcelona, dan Juventus untuk potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA. Informasi lebih lanjut akan tersedia pada waktunya,” lanjut pernyataan UEFA.

Sebelumnya ada 12 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa, kompetisi tandingan Liga Champions. Kompetisi ini terhitung ilegal karena tak mendapat persetujuan dari UEFA dan FIFA.

Ketika Florentino Perez selaku presiden Liga Super Eropa meluncurkan kompetisi ini, UEFA langsung bergerak. Federasi yang bermarkas di Nyon, Swiss, ini mengeluarkan ultimatum.

BACA JUGA: UEFA Konfirmasi Ambil Tindakan Disipliner untuk Real Madrid, Juventus, dan Barcelona

UEFA tak segan mencoret klub-klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa dari kompetisi garapan mereka seperti Liga Champions dan Liga Eropa. Akibatnya, sembilan klub pun memilih mengundurkan diri dari Liga Super Eropa.

Mereka ialah Arsenal, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Chelsea, Atletico Madrid, Inter Milan dan AC Milan. Sementara itu, tiga klub belum menyatakan mundur adalah Barcelona, Real Madrid dan Juventus.

Juventus

Menurut ESPN, Barcelona, Real Madrid dan Juventus berpotensi dilarang UEFA tampil di kompetisi antarklub Eropa selama dua tahun. Hal itu praktis sangat disayangkan, mengingat ketiganya mempunyai sejarah panjang di Liga Champions.

Untuk Liga Champions 2021-2022 pun, ketiganya sudah memastikan tempat. Uniknya, Barcelona, Real Madrid dan Juventus kompak menempati pot 2 undian Fase Grup Liga Champions 2021-2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini