Status Juru Kunci Justru Untungkan Timnas Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 51 2414728 status-juru-kunci-justru-untungkan-timnas-indonesia-lTszXNtkBR.jpg Timnas Indonesia (Foto: Media PSSI)

DUBAI – Tim Nasional (Timnas) Indonesia disebut-sebut memiliki keuntungan dalam mengarungi sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dapat memanfaatkan keadaan skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia– yang berada di posisi paling buncit di klasemen sementara.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia kini memang masih berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Hal tersebut terjadi lantaran Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan dari lima pertandingan yang mereka jalani.

Timnas Indonesia

Kondisi ini menutup kemungkinan Timnas Indonesia untuk dapat lolos ke babak berikutnya dan memastikan gagal tampil di Piala Dunia. Meski begitu, mereka masih dapat menjaga harapan agar tampil di Piala Asia 2023, serta memperbaiki rangking FIFA.

Media Vietnam, thethao247 pun melihat situasi yang seakan sial ini justru dapat membawa keberuntungan bagi tim asuhan Shin Tae-yong ini. Hal ini dapat menjadi kesempetan untuk sang pelatih mengeksplore kekuatan Timnas tanpa ada tekanan apapun.

Baca Juga: Ditunjuk untuk Gantikan Elkan Baggott, Arif Satria: Saya Sudah Siap Tempur!

“Jawabannya adalah ya, dengan situasi saat ini, bukankah pemimpin Korea tersebut tidak berada dalam tekanan psikologis yang besar dan juga berkesempatan untuk memberikan eksperimen?” tulis laman tersebut pada Senin (24/5/2021).

Media tersebut menambahkan, pelatih Shin saat ini tak perlu terlalu khawatir dengan tekanan dan ekpektasi fans Indonesia. Tekanan itu dinilai jauh akan berkurang dibanding saat lima pertandingan sebelumnya saat dibesut Simon McMenemy.

Belum lagi fakta bahwa setahun terakhir sepak bola Indonesia yang beku tanpa kompetisi membuat penggemar akan mewajari. Ini pun sejalan dengan target Shin yang menjadikan laga nanti sebagai titik awal membangun generasi baru.

Kondisi ini berbeda dengan yang dialami calon-calon lawan Timnas yang dibebani ekspektasi besar. Mereka masih memiliki kemungkinan mencapai babak berikutnya.

Timnas Indonesia

Keuntungan kedua yakni Shin Tae-yong dapat menguji kedalaman skuat untuk beberapa kompetisi ke depan. Indonesia dapat membangun sekelompok pemain berbakat Indonesia untuk rencana jangka panjang.

Baca Juga: Media Thailand Komentari Batalnya Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia

Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 ini akan menjalani sisa laga melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni. Namun sebelumnya, mereka akan melakoni laga uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei lebih dulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini