Profil Timnas Turki di Piala Eropa: Tim Bulan-Bintang Siap Meledak

Susanto, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 51 2411337 profil-timnas-turki-di-piala-eropa-tim-bulan-bintang-siap-meledak-bBcZhIAI6n.jpg Para pemain Timnas Turki (Foto: uefa.com)

TIM nasional (Timnas) Turki bukan unggulan di fase penyisihan grup Piala Eropa 2020 yang akan digelar musim panas tahun ini. Tapi, mereka bisa jadi masalah besar buat tim yang memandangnya sebelah mata.

Skuad berjuluk The Crescent-Stars lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah menyabet gelar runner up di kualifikasi. Tergabung di Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020, Turki cuma kalah poin dari Prancis.

Baca Juga: Profil Timnas Italia di Piala Eropa 2020: Menanti Gli Azzurri Unjuk Gigi

Barisan bertahan Turki yang diperkuat Ozan Kabak (Liverpool) dan Merih Demiral (Juventus) membuat delapan clean sheet dari 10 pertandingan di babak kualifikasi. Mereka sukses mengalahkan Prancis 2-0 di laga kandang, lalu menahan imbang 1-1 di pertemuan setelahnya.

Timnas Turki

Soal jam terbang, Turki sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, Piala Eropa 2020 bukan turnamen pertama mereka yang sudah berpartisipasi sejak edisi 1996. Sejauh tampil di empat edisi, prestasi terbaik mereka tembus semifinal di Piala Eropa 2008.

Skuad asuhan Senol Gunes akan berjuang memberikan yang terbaik di putaran final Piala Eropa 2020. Di mana Turki akan bersaing dengan Italia, Wales, dan Swiss untuk bisa melenggang keluar Grup A.

Senol Gunes Si Pembawa Harapan

Sejak melatih Timnas Turki pada 2019, Senol Gunes banyak membawa harapan besar. Mantan kiper timnas Turki itu layak masuk dalam buku sejarah karena tercatat sebagai pelatih pertama yang bisa membimbing Turki ke putaran final Piala Dunia dan Piala Eropa.

Senol Gunes

Semasa aktif sebagai pemain, Senol Gunes membantu Turki merebut tempat ketiga di Piala Dunia Korea-Jepang 2002. Saat itu Turki berhasil melaju ke babak semifinal sebelum akhirnya terhenti di tangan Brasil.

Benteng Solid Kabak-Demiral

Timnas Turki terkenal punya pertahanan yang solid. Sosok Ozan Kabak yang bermain di Liverpool, serta Merih Demiral yang memperkuat Juventus punya andil besar dalam kesuksesan Turki membangun organisasi bertahan timnya.

Timnas Turki

Sepanjang babak kualifikasi Piala Eropa 2020, Turki merupakan tim paling sedikit kebobolan. Mereka cuma kemasukan tiga gol dalam 10 pertandingan di Grup H, bahkan melebihi kemampuan bertahan Prancis.

Prakiraan Susunan Pemain

Turki (4-4-2): Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Ozan Kabak, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu; Kenan Karaman, Ozan Tufan, Hakan Calhanoglu, Yusuf Yazici; Burak Yilmaz.

Jadwal Turki di Piala Eropa

13-6-2020 : Turki vs Italia (Stadio Olimpico, Roma)

17-6-2020 : Turki vs Wales (Olympic Stadium, Baku)

21-6-2020 : Swiss vs Turki (Olympic Stadium, Baku)

Prediksi

Turki akan menghadapi laga krusial di matchday pertama babak penyisihan grup Piala Eropa. Mereka akan langsung bentrok Italia yang menjadi favorit di grup tersebut. Jika berhasil mengagalkan kemenangan Italia di matchday pembuka, Turki diprediksi akan punya kesempatan lebih tinggi untuk menang saat menghadapi Wales dan Swiss di matchday selanjutnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini