Serang Balik UEFA, Real Madrid, Juventus dan Barcelona Segera Dicoret dari Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 09 Mei 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 261 2407915 serang-balik-uefa-real-madrid-juventus-dan-barcelona-segera-dicoret-dari-liga-champions-Oug4yrZ3M8.jpg Sergio Ramos bisa gagal bela Real Madrid di Liga Champions musim depan. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

REAL Madrid, Juventus dan Barcelona terus maju dan ngotot mengadakan kompetisi ilegal bernama Liga Super Eropa. Bahkan, mereka siap menyerang balik UEFA (Federasi Sepakbola Eropa) melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

“Klub-klub pendiri (Liga Super Eropa) telah terpukul, dan terus terpukul, mengalami tekanan, ancaman dan serangan dari pihak ketiga yang tidak bisa diterima agar meninggalkan proyek (Liga Super Eropa),” bunyi pernyataan resmi ketiga klub.

Florentino Perez

(Florentino Perez, presiden Real Madrid dan Liga Super Eropa)

“Lalu memerintahkan FIFA dan UEFA untuk baik secara langsung atau melalui badan afiliasinya, menahan diri mereka dari mengambil tindakan apa pun yang dapat menghalangi inisiatif ini dengan cara apa pun selama putusan persidangan masih ditunda,” sambung pernyataan itu.

“Kami tegaskan kembali kepada FIFA, UEFA dan semua pemangku kepentingan sepakbola, seperti yang telah kami lakukan pada beberapa kesempatan sejak pengumuman Liga Super,” imbuh pernyataan itu.

Hanya saja, serangan balik yang disiapkan Real Madrid, Juventus dan Barcelona bagaikan bumerang bagi mereka. Hal ini membuat UEFA semakin yakin untuk mencoret ketiga klub di atas dari seluruh kompetisi antarklub Eropa seperti Liga Champions dan Liga Eropa selama dua tahun ke depan.

BACA JUGA: Real Madrid, Juventus, dan Barcelona Ancam Balik FIFA dan UEFA soal Liga Super Eropa

Sebelumnya menurut laporan ESPN, UEFA melakukan rapat intens dalam beberapa hari terakhir. UEFA akan melarang Real Madrid, Juventus dan Barcelona tampil di seluruh kompetisi UEFA baik itu Liga Champions maupun Liga Eropa selama dua tahun.

Tidak sampai di situ, sanksi finansial berupa denda juga akan diberikan UEFA kepada tiga klub di atas. Sejauh ini, memang hanya Real Madrid, Juventus dan Barcelona yang belum memutuskan mundur dari Liga Super Eropa.

Cristiano Ronaldo

(Juventus terancam dilarang tampil di Liga Champions dan Liga Italia musim depan)

Awalnya, ada 12 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Namun, setelah UEFA mengeluarkan ultimatum, sebanyak sembilan klub di antaranya mundur. Mereka ialah Manchester United, Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur, Liverpool, Atletico Madrid, Inter Milan dan AC Milan.

Meski sudah menyatakan mundur, sebanyak sembilan klub di atas tetap diberikan hukuman oleh UEFA. Hanya saja, hukuman yang diberikan masuk kategori ringan, tidak seperti Real Madrid, Barcelona dan Juventus yang mendapat ancaman larangan tampil di Liga Champions musim depan.

Juventus jadi yang paling parah jika benar mendapatkan hukuman. Selain dilarang tampil di Liga Champions, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) juga tak mengizinkan Juventus tampil di Liga Italia jika hingga 21 Juni 2021 mereka belum mundur dari Liga Super Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini