Setelah Liga Champions, Liga Eropa Berpotensi Ciptakan Final Duel Klub Manchester dan London

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 51 2406568 setelah-liga-champions-liga-eropa-berpotensi-ciptakan-final-duel-klub-manchester-dan-london-jjaZehErhl.jpg Manchester United vs Arsenal (Foto: Reuters)

LONDON – Para wakil Inggris kembali menunjukkan taringnya di ajang Liga Champions musim ini. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan Manchester City dan Chelsea yang telah memastikan diri melangkah ke final Liga Champions 2020-2021.

Man City menjadi tim pertama yang lolos ke partai pamungkas setelah menaklukkan wakil Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Pada babak semifinal, skuad asuhan Josep Guardiola itu memenangi duel kontra PSG dengan skor agregat 4-1.

Manchester City

Ketangguhan Man City pun telah terlihat sejak leg pertama. Mereka mampu memenangkan leg pertama dengan skor 2-1 ketika bermain di markas PSG, Parc des Princes. Lalu, pada leg kedua, mereka kembali melanjutkan tren positif dengan kemenangan 2-0.

Baca juga Manchester City vs Chelsea, Ketiga Kalinya Wakil Inggris Bertemu di Final Liga Champions

Setelah itu, wakil Inggris lainnya yakni Chelsea menyusul jejak Man City untuk tampil di partai final. Skuad asuhan Thomas Tuchel itu berhasil menaklukkan wakil Spanyol yakni Real Madrid dengan skor agregat 3-1.

Baca juga Fakta Ini Bikin Chelsea Kalahkan Manchester City di Final Liga Champions 2020-2021

Pada leg pertama, Chelsea sejatinya tampil cukup baik karena mampu mengimbangi Real Madrid di Estadio Alfredo Di Stefano dengan skor 1-1. Namun, ketika tampil di kandang sendiri, Stamford Bridge, Chelsea menunjukkan performa luar biasa dan memenangi laga dengan skor 2-0.

Keberhasilan kedua tim tersebut tentu menjadi hal membanggakan bagi sepakbola Inggris. Sebab, untuk ketiga kalinya mereka berhasil meloloskan dua wakilnya di laga final Liga Champions. Bahkan terakhir, mereka melakukan itu pada 2018-2019 ketika Tottenam Hotspur melawan Liverpool.

Akan tetapi, belum sampai di situ. Pada kasta kedua yakni Liga Eropa, Inggris masih menyimpan dua wakilnya yakni Manchester United dan Arsenal. Kedua tim tersebut sama-sama masih berpeluang lolos ke final yang baru akan memainkan leg kedua pada Jumat 7 Mei 2021 dini hari WIB.

Man United jelas memiliki peluang lebih besar karena pada leg pertama mereka memenangkan pertandingan kontra AS Roma dengan skor 6-2 di Old Trafford. Praktis, Man United tinggal membutuhkan hasil imbang atau setidaknya tidak menelan kekalahan lebih dari 0-3 di leg kedua.

Chelsea

Akan tetapi, peluang yang sedikit berat dialami Arsenal. Skuad asuhan Mikel Arteta itu menelan kekalahan 1-2 dari Villarreal pada leg pertama. Namun, peluang Arsenal untuk lolos masih terbuka mengingat leg kedua berlangsung di Emirates Stadium. Arsenal pun wajib memenangi laga tersebut dan berusaha untuk tidak kebobolan.

Jika Man United dan Arsenal mampu melaju ke partai puncak Liga Eropa, tentu ini akan menjadi hal menarik. Selain para wakil Inggris akan menguasai dua kompetisi Eropa, duel antara klub asal Manchester dan London akan tercipta di partai puncak Liga Champions dan Liga Eropa 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini