Tanpa Cristiano Ronaldo, Dominasi Juventus di Liga Italia Masih Berlanjut

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 47 2405205 tanpa-cristiano-ronaldo-dominasi-juventus-di-liga-italia-masih-berlanjut-Fsy71lwswx.jpg Cristiano Ronaldo lemas Juventus gagal juara Liga Italia 2020-2021. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

PERTAMA kalinya dalam 10 tahun terakhir, Juventus gagal memenangkan trofi Liga Italia. Dominasi Juventus di Liga Italia yang berlangsung dalam sembilan musim terakhir diruntuhkan klub Kota Milan, Inter Milan.

Media asal Spanyol, Marca, membuat tulisan yang sekaligus melontarkan pertanyaan kepada pembacanya. Jika Cristiano Ronaldo tak pernah membela Juventus, akankah dominasi si Nyonya Tua di Liga Italia masih berlanjut hingga kini?

Cristiano Ronaldo

(Dominasi Juventus di Liga Italia akhirnya runtuh)

Sebelum Cristiano Ronaldo datang, Juventus tujuh musim beruntun juara Liga Italia. Karena kondisi keuangan mereka yang sehat, Juventus sanggup mendatangkan dua atau tiga pemain bintang ke dalam skuad setiap musimnya.

Tujuannya tentu melanggengkan dominasi mereka di Liga Italia, plus menjaga peluang menjadi jawara Liga Champions. Demi target yang lebih besar yakni memenangkan trofi Liga Champions, manajemen Juventus mendatangkan Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018.

Di dua musim awal diperkuat Cristiano Ronaldo, dominasi Juventus di Liga Italia (2018-2019 dan 2019-2020) masih terjaga. Di akhir kompetisi, Juventus selalu keluar sebagai kampiun.

BACA JUGA: Ditendang Juventus, Ini 4 PR Cristiano Ronaldo Sebelum Tinggalkan Stadion Allianz

Sayangnya, kiprah apik di Liga Italia gagal dilanjutkan Juventus di Liga Champions 2018-2019 dan 2019-2020, yang mana mereka selalu rontok di awal-awal fase gugur. Ironisnya, Juventus juga gagal total di Liga Champions 2020-2021. Makin parah, karena dominasi Juventus di Liga Italia juga runtuh musim ini.

Kenapa Juventus tak kunjung berjaya di Liga Champions? Kenapa dominasi Juventus di Liga Italia berakhir, padahal mereka diperkuat pemain sekelas Cristiano Ronaldo? Benar, Juventus diperkuat Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

Namun, Juventus tidak memiliki pemain yang dapat mendukung kehebatan Cristiano Ronaldo. Ambil contoh pergerakan Juventus di pasar transfer selepas kehadiran Cristiano Ronaldo. Alih-alih mendatangkan pemain bintang, Juventus cenderung melepas sang pemain andalan.

Di musim panas 2019, Juventus kehilangan Joao Cancelo. Semusim berselang, Miralem Pjanic yang angkat kaki. Kepergian dua nama di atas hanya digantikan nama-nama standar seperti Danilo Luiz dan Arthur Melo.

Alasan Juventus melepas pemain-pemain di atas karena mereka butuh dana untuk membayar gaji fantastis Cristiano Ronaldo (31 juta euro per tahun). Karena itu, andai saja Cristiano Ronaldo tak pernah datang ke Juventus, kekuatan skuad si Nyonya Tua diyakini masih merata dan si Nyonya Tua berpotensi melanjutkan hegemoni mereka di Liga Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini