Grup E Piala Eropa 2020 Pindah Lokasi, Timnas Polandia Ganti Homebase

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 51 2403492 grup-e-piala-eropa-2020-pindah-lokasi-timnas-polandia-ganti-homebase-bXutm5YsOq.jpg Logo Piala Eropa 2020 (Foto: uefa.com)

GDANKS – Induk sepakbola Eropa, UEFA, baru-baru ini telah resmi mengumumkan perubahan venue bagi tiga pertandingan di Grup E Piala Eropa 2020 pada Jumat 23 April 2021 lalu. Menyikapi perihal itu, Tim Nasional (Timnas) Poland yang merupakan peserta grup ini memutuskan pindah markas latihan.

Sebelumnya, UEFA telah menetapkan pertandingan-pertandingan di grup E ini dihelat di kota Dublin, Irlandia dan Bilbao, Spanyol. Pada saat itu, Robert Lewandowski cs memutuskan untuk memesan basis latihan di Portmarnouck dekat Dublin.

Timnas Polandia

Namun, UEFA melakukan kajian mendalam bersama pihak asosiasi tuan rumah dan otoritas lokal untuk memastikan kenyamanan lingkungan tempat dihelatnya pertandingan. Ini juga sebagai bentuk rencana UEFA untuk mengupayakan kehadiran penonton di stadion meski di tengah masa pandemic.

Alhasil, pihak otoritas Andalusia mengonfirmasi niatnya untuk mengizinkan 30% penonton dapat hadir di tiga pertandingan di grup E. Salah satu dari tiga pertandingan itu merupakan laga Polandia vs Spanyol yang semula di Dublin dipindah ke Estadio La Cartuja di Seville.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Fase Grup Piala Eropa 2020: Italia vs Turki Jadi Laga Pembuka

Perubahan pun terjadi pada dua laga Polandia lainnya yakni melawan Slovakia dan Swedia. Mulanya, digelar di Dublin dialihkan ke stadion Saint Petersburg.

Atas hal ini, Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepakbola Polandia (PZPN) Maciej Sawicki memutuskan memindahkan markas latihan Polandia menjadi di stadion dalam negaranya sendiri, yakni Sopot. Hal ini mempertimbangkan jarak antara kota-kota tuan rumah.

"Ini 90% pasti akan menjadi Sopot,” ujar Sawicki dikutip dari laman TVN24 pada Jumat (30/4/2021).

Meski begitu, keputusan ini dinilai belum final. Dewan PZPN masih melakukan sidang sejak Kamis 29 April 2021 kemarin. Kemungkinan keputusan akhir akan diumumkan beberapa hari mendatang.

Timnas Polandia

Sawicki menuturkan, bila Sopot memang benar-benar terpilih menjadi markas, pemain saat ini akan berlatih di Gdansk dalam waktu dekat. Kemudian akan beralih ke markas baru pada 9 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Piala Eropa 2020 Ada di Sini!

Timnas Polandia sendiri memang tergabung di Grup E Piala Eropa 2021 bersama Spanyol, Slovakia, serta Swedia. Pertandingan pembuka bagi tim asuhan Paulo Sousa tersebut bakal berlangsung pada, 14 Juni 2021 dengan menghadapi Slovakia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini