Arteta Akui Strategi False Nine Arsenal Gagal Total saat Dikalahkan Villarreal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 51 2403434 arteta-akui-strategi-false-nine-arsenal-gagal-total-saat-dikalahkan-villarreal-5dSqAgCbJ2.jpg Villarreal vs Arsenal (Foto: Reuters)

VILLARREAL – Arsenal harus menelan pil pahit ketika menjalani leg pertama babak semifinal Liga Eropa musim 2020-2021. Menghadapi Villarreal, skuad The Gunners –julukan Arsenal– harus menyerah dengan skor akhir 1-2 dari lawannya.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Estadio de la Ceramica, Arsenal memang tampil mengecewakan sejak menit awal. Bahkan ketika laga baru berjalan 5 menit, Arsenal sudah tertinggal lebih dahulu dari kubu tuan rumah melalui gol Manu Trigueros.

Villarreal vs Arsenal

Memasuki 30 menit babak pertama berjalan, Villarreal sendiri berhasil menambah keunggulan mereka jadi 2-0. Kali ini giliran Raul Albiol yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah sundulannya yang meneruskan umpan dari Gerard Moreno meluncur ke dalam gawang Arsenal.

Tertinggal dua gol membuat Arsenal pun coba memperbaiki performa mereka. Alhasil Arsenal berhasil memperkecil kedudukan jadi 1-2 pada menit ke-73, setelah Nicolas Pepe menyumbangkan golnya melalui eksekusi penalti.

Baca Juga: Hantam Arsenal, Unai Emery Sebut Villarreal Masih Kurang Maksimalkan Peluang

Di sisa pertandingan, Arsenal pun coba meningkatkan tekanan mereka ke pertahanan Villarreal. Akan tetapi hingga peluit panjang ditiupkan wasit, skor 1-2 untuk kemenangan Villarreal atas Arsenal pun nyatanya tidak berubah.

Seusai pertandingan, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, pun lantas memberikan analisisnya. Ya, Arteta menyadari betul bahwa strategi false nine yang diterapkanya di pertandingan tersebut memang benar-benar gagal total.

Salah satu alasan utama bahwa itu tidak berhasil adalah setelah kebobolan, kami mengacaukan diri kami sendiri. Dalam pressing tinggi kami benar-benar tegang dan kami tak memiliki orang yang tepat di ruang yang tepat dan kemudian kami terbuka,” jelas Arteta, seperti dikutip dari Metro, Jumat (30/4/2021).

“Kami tidak memberi diri kami kesempatan bahkan untuk mendapatkan set di sepertiga akhir untuk melakukan apa yang ingin kami lakukan, karena kami juga tidak tepat dalam menguasai bola. Secara keseluruhan, itu bukan yang terbaik,” sambungnya.

Villarreal vs Arsenal

“Kami memulai babak kedua dengan pemain yang sama dengan cara yang sama sekali berbeda. Kami bermain dengan tiga striker dan kami tidak mencetak banyak gol di musim ini, jadi itu adalah keputusan yang saya buat dan hanya itu,” imbuh pelatih berkebangsaan Spanyol itu.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Kekalahan Arsenal di Kandang Villarreal

Peluang Arsenal untuk memastikan satu tempat di partai final Liga Eropa 2020-2021 sejatinya belum tertutup. Ya, Arsenal sendiri hanya butuh kemenangan 1-0 saja atas Villarreal di leg kedua semifinal yang dimainkan di Emirates Stadium, untuk bisa lolos ke final Liga Eropa musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini