Seluruh Laga Piala Eropa 2020 Dihadiri Penonton, Budapest Buka Kapasitas 100%

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 51 2399924 seluruh-laga-piala-eropa-2020-dihadiri-penonton-budapest-buka-kapasitas-100-MCMWgXIfun.JPG Puskas Arena (Foto: Reuters)

NYONUEFA telah mengonfirmasi seluruh laga Piala Eropa 2020 pada di 11 negara akan mengizinkan kehadiran penonton di dalam stadion. Presiden UEFA yakni Aleksander Ceferin pun memastikan hal tersebut pada Jumat 23 April 2021 malam WIB.

“Kami telah bekerja dengan rajin bersama asosiasi tuan rumah dan otoritas lokal untuk memastikan lingkungan aman dan meriah di pertandingan. Saya sangat senang kami dapat menyambut penonton di semua laga untuk perayaan sepakbola tim nasional di seluruh benua,” ucap Ceferin, melansir dari laman resmi UEFA.

Stadion Olimpico

Akan tetapi, ada beberapa aturan yang akan diterapkan dalam menghadirkan para penonton di dalam stadion ini. Bahkan setiap negara pun memiliki skema berbeda yang berkaitan dengan jumlah kehadiran penonton.

Baca juga Digelar di 11 Negara, Ini Daftar Stadion Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Berdasarkan laman resmi UEFA, secara umum, para penonton yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, di beberapa stadion akan mewajibkan para penonton menyertakan tes Covid-19 dengan hasil negatif.

Baca juga UEFA Umumkan Perubahan Venue Piala Eropa 2020

Puskas Arena yang terletak di Budapest, Hongaria menjadi satu-satunya stadion yang mengizinkan kehadiran penonton dengan kapasitas 100 persen. Akan tetapi, ada beberapa peraturan ketat yang diterapkan, termasuk menyertakan hasil negatif tes Covid-19 atau sertifikat vaksinasi.

Sementara itu, Saint Petersburg (Rusia) dan Baku (Azerbaijan) telah mengonfirmasi kapasitas 50 persen hadir. Akan tetapi, khusus di Azerbaijan, negara itu tidak mengizinkan penonton dari luar negeri, kecuali warga yang datang dari peserta tim Grup A dan perempatfinalis.

Lalu, Amsterdam (Belanda), Bucharest (Rumania), Glasgow (Skotlandia), dan Roma Italia) akan menampung 25 persen dari kapasitas stadion. Lalu, Kopenhagen (Denmark) berencana membuka kapasitas 25-33 persen stadion.

Ada pun London, Inggris juga telah mengonfirmasi kapasitas minimal 25 persen untuk tiga pertandingan fase Grup D dan pertandingan babak 16 besar. Sedangkan untuk semifinal dan final berpotensi menambah kapasitas jumlah penonton.

Stadion Wembley

Selain itu, Sevilla, Spanyol akan membuka kapasitas 30 persen stadion atau sekira 18 ribu penonton. Terakhir, ada Munich, Jerman yang akan mengizinkan penggemar masuk ke stadion dengan setidaknya 14,5 ribu penonton.

Terlebih dari itu, UEFA mengingatkan tentang adanya kemungkinan pembatasan perjalanan untuk mengunjungi setiap negara. Ini termasuk adanya aturan kewajiban karantina, memberikan hasil negatif tes Covid-19, batasan lama tinggal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini