5 Pemain yang Tak Pernah Disangka sebagai Lulusan Akademi Barcelona

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 46 2399682 5-pemain-yang-tak-pernah-disangka-sebagai-lulusan-akademi-barcelona-4BakLE0p9Z.jpg Mikel Arteta merupakan salah satu jebolan akademi La Masia (Foto: Reuters)

BARCELONA - Barcelona dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi sepakbola terbaik saat ini. Akademi sepakbola La Masia milik Barcelona telah menelurkan banyak nama besar termasuk Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique, Carles Puyol hingga Pep Guardiola.

Akan tetapi, ternyata tidak semua pemain berhasil meninggalkan kesan bagi klub ketika memasuki karier profesional. Dilansir dari laman Sportskeeda, berikut lima pemain yang kurang berkesan ketika lulus dari akademi Barcelona

 

5) Jordi Cruyff

 

Jordi Cryuff merupakan putra dari legenda Barcelona sekaligus pendiri akademi La Masia, Johan Cruyff. Jordi bergabung ke La Masia saat masih berusia remaja.

Ia kemudian melakukan debut bersama tim Barcelona B pada 1992. Penampilan gemilang yang ditunjukkan langsung membawanya ke tim utama saat itu.

Sayang, kariernya bersama Blaugrana tak bertahan lama. Jordi Cruyff hanya mencatatkan 53 penampilan untuk Barcelona sebelum akhirnya membela tim lain seperti Manchester United, Celta Vigo, Espanyol dan beberapa tim lain.

4) Giovani Dos Santos

Nama Giovani Dos Santos sempat digadang-gadang bakal jadi salah satu andalan di lini depan Barcelona. Berawal dari Akademi La Masia, Giovani berhasil menembus skuad utama bersama Bojan Krkic dan Lionel Messi yang menjadi rekan satu angkatannya kala itu.

Sayangnya, Giovani gagal menunjukkan penampilan yang konsisten bersama tim katalan. Giovani sempat memilih hengkang ke Tottenham Hotspur. Akan tetapi, saat ini namanya menjadi perhatian di Liga Meksiko,

3) Mikel Arteta

Tidak semua pecinta sepakbola mengetahui kalah Mikel Arteta merupakan salah satu jebolan akademi La Masia milik Barcelona. Sebelum menjabat sebagai pelatih, namanya mungkin besar saat berseragam Arsenal.

Namun, Arteta merupakan pemain jebolan La Masia dan sempat memperkuat tim Barcelona C dan Barcelona. Sayangnya, kesulitan mendapat tempat di skuad utama membuat Arteta dipinjamkan ke PSG.

Setelah melewati debut bersama tim lain, ia mendarat di Arsenal pada 2011. Sejak saat itu namanya kian harum hingga menjabat sebagai pelatih The Gunners saat ini.

2) Adama Traore

 

Pemain bertubuh kekar ini lahir dan tumbuh besar di Barcelona. Wajar apabila Adama Traore kemudian merintis kariernya sebagai pesepakbola lewat akademi La Masia. Sayangnya, pemain berdarah Mali itu hanya empat kali tampil bersama tim senior.

Tentu saja, ketika itu skuad Barcelona dihuni oleh pemain-pemain terbaik seperti Neymar Jr, Lionel Messi, dan Luis Suarez, di lini depan. Sadar dirinya akan terus menjadi penghangat bangku cadangan, Adama Traore menyingkir ke Aston Villa pada 2015 dan sekarang mulai naik daun bersama Wolverhampton Wanderers.

1) Mauro Icardi


Satu nama lain yang tak disangka merupakan jebolan akademi La Masia adalah Mauro Icardi. Penyerang milik tim Paris Saint-Germain ini pernah bermain untuk tim Barcelona U-18 dan U-19. Akan tetapi, lagi-lagi ketatnya persaingan untuk masuk ke skuad utama membuatnya tersisih.

Icardi akhirnya memilih untuk mencoba peruntungannya di Liga Italia. Sebelum mencuri perhatian bersama Inter Milan, ia sempat berseragam Sampdoria selama dua musim. Saat ini , Icardi bermain untuk Paris Saint-Germain bersama Neymar Jr dan Kylian Mbappe.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini