5 Fakta Jelang Final Piala Menpora 2021 Persib Bandung vs Persija Jakarta

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 49 2398854 5-fakta-jelang-final-piala-menpora-2021-persib-bandung-vs-persija-jakarta-5jknW13Pqh.jpg Ezra Walian, bomber milik Persib Bandung. (Foto: PT LIB)

PERSIB Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di leg I final Piala Menpora 2021 yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) pukul 20.30 WIB. Kedua tim membutuhkan perjuangan ekstra untuk menapaki partai puncak.

Baik Persib Bandung dan Persija Jakarta tidak mengawali turnamen dengan baik. Persib Bandung bermain 1-1 dengan Bali United, sedangkan Macan Kemayoran –julukan Persija Jakarta– ditumbangkan PSM Makassar 0-2.

Namun, lewat perjuangan luar biasa, Persib dan Persija sanggup menapaki laga puncak. Sejumlah fakta pun tercipta, entah soal rivalitas kedua tim atau dalam perjalanan mereka mencapai babak final Piala Menpora 2021.

Berikut 5 fakta jelang final Piala Menpora 2021 Persib Bandung vs Persija Jakarta:

5. Jarang Bertemu di Final

Persib Bandung

Meski mempunyai rivalitas tinggi, Persib Bandung dan Persija Jakarta ternyata jarang bertemu di laga final, entah itu di kompetisi resmi maupun sekadar turnamen. Tercatat, Persib Bandung dan Persija hanya pernah dua kali bertemu di laga puncak, tepatnya di final Piala Jusuf 1976 dan 1978.

Dalam dua final tersebut, Maung Bandung –julukan Persib– selalu menang. Pada 1976, Persib menang 7-0, kemudian dua tahun berselang Maung Bandung menumbangkan sang rival dengan skor 1-0.

4. Persib Tim Tertajam

Persib Bandung

Persib Bandung merupakan klub tertajam di Piala Menpora 2021. Dari enam pertandingan, Ezra Walian dan kawan-kawan mengemas 12 gol. Jika dirata-rata, Persib Bandung mengemas dua gol per pertandingan.

 BACA JUGA: Prediksi Susunan Pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta di Leg I Final Piala Menpora 2021

3. Persija Jakarta Pertahanan Tersolid

Persija Jakarta

Berbeda dengan Persib Bandung, Persija Jakarta merupakan tim dengan pertahanan tersolid di Piala Menpora 2021. Dari enam pertandingan, gawang Andritany Ardhiyasa hanya kemasukan tiga gol.

Tiga bola itu masuk ke gawang Persija, semuanya terjadi di fase grup. Memasuki fase gugur, gawang Persija sama sekali tidak kebobolan dalam tiga laga yang dijalani.

2. Persib Bandung Dominasi Top Skor Sementara

Ezra Walian

Penyerang Persib, Ezra Walian dan Frets Buruan sama-sama mengemas tiga gol di Piala Menpora 2021. Mereka hanya terpaut satu bola dari top skor sementara, Assanur Rijal Torres. Selain itu, ada juga Wander Luiz yang sudah mengemas dua gol. Karena itu, Ezra Walian meyakini salah satu dari pemain Persib Bandung akan menjadi top skor Piala Menpora 2021.

"Lebih penting kami bisa menjadi juara sebagai sebuah tim. Tentu saja sangat indah jika bisa mendapat penghargaan individual tapi bukan itu yang menjadi target. Target kami adalah menjadi juara dan karena itu kami semua bekerja keras. Mungkin salah satu dari kami akan bisa menjadi top scorer," kata Ezra, mengutip dari laman Liga Indonesia Baru.

1. Panggung Pemain Lokal Unjuk Gigi

Shin Tae-yong

Laga ini teramat penting bagi pemain-pemain lokal milik Persija dan Persib. Sebab, dua laga final Piala Menpora 2021 yang digelar pada 22 dan 25 April 2021, menjadi momen terakhir mereka menarik perhatian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kabarnya, kelar laga Persib vs Persija, Shin Tae-yong akan mengumumkan nama-nama yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia per 1 Mei 2021. Menarik menanti siapa-siapa saja pemain yang dipanggil Shin Tae-yong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini