Share

Buntut dari Protes Liga Super Eropa, Ed Woodward Mundur dari Manchester United

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 03:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 51 2398095 buntut-dari-protes-liga-super-eropa-ed-woodward-mundur-dari-manchester-united-qVLYtMLAHh.jpg Ed Woodward (Foto: Bleacher Report)

MANCHESTER - Banyak kritik tajam disampaikan terkait penyelenggaraan Liga Super Eropa. Beberapa klub seperti Chelsea dan Manchester City bahkan telah menyatakan mundur dari ajang tersebut.

Besarnya gelombang penolakan Liga Super Eropa rupanya berdampak cukup besar. Hal ini membuat satu persau petinggi klub yang terlibat mulai mengundurkan diri.

 

Salah satunya adalah Ed Woodward yang melepas jabatannya di Manchester United. Dilansir dari laman Bleacher Report, Rabu (21/4/2021), Ed Woodward dilaporkan telah mengundurkan diri sebagai chairman Manchester Untied.

Kabar mengejutkan ini muncul dua hari setelah Man United menjadi salah satu dari 12 tim yang mengumumkan pembentukan Liga Super Eropa. Rencana besar ini juga menimbulkan reaksi yang signifikan di antara para penggemar.

Baca juga: Manchester City dan Chelsea Tarik Diri dari Liga Super Eropa

Liga Super Eropa menciptakan lebih banyak drama dengan kritik luas dari para pecinta sepakbola. Hal itu dilatar belakangi peraturan yang dianggap mencederai esensi dari olahraga sepakbola diantaranya adalah jaminan dari degradasi bagi klub penggagas.

Kapten Manchester United, Harry Maguire, jadi salah satu pemain yang menolak secara terang-terangan ketika timnya masuk dalam daftar peserta Liga Super Eropa.

Sebagai catatan, Liga Super Eropa awalnya direncanakan bergulir per Agustus 2021. Kompetisi ini sebenarnya sudah diajukan bergulir sejak 1990-an. Rencana ini sebenarnya telah mendapat penolakan langsung dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA).

Akan tetapi, pada Senin 19 April 2021 dini hari WIB, Florentino Perez selaku Presiden Liga Super Eropa secara resmi mengumumkan 12 klub Eropa yang berasal dari tiga negara, yakni Italia, Inggris, Spanyol untuk tampil di Liga Super Eropa.

Sebanyak 12 klub yang dimaksud adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool , Manchester City, Manchester United, Real Madrid danTottenham Hotspur.

Namun, Liga Super Eropa masih mencari tiga tim tambahan supaya pendiri kompetisi ini menjadi pas 15 klub. Nantinya, di kompetisi yang terdiri dari 20 klub itu, 15 klub pendiri akan 'kebal' degradasi dan lima sisanya yang berganti-ganti setiap tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini