CEO Bayern Munich Konfirmasi Tolak Liga Super Eropa

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 51 2397503 ceo-bayern-munich-konfirmasi-tolak-liga-super-eropa-PcOmPE8jmV.JPG Bayern Munich tolak keikutsertaan Liga Super Eropa (Foto: Reuters)

MUNICH - CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge, menegaskan bahwa FC Hollywood -julukan Bayern- takkan ambil bagian pada gelaran Liga Super Eropa. Rummenigge percaya struktur kompetisi saat ini sudah baik tanpa harus ada ajang tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Rummenigge mengonfirmasi bahwa klubnya tidak mendukung proposal tersebut. Ketimbang fokus pada Liga Super Eropa, Rumenigge mengatakan beberapa tim sebenarnya lebih memilih perombakan Liga Champions dengan tujuan yang lebih baik.

 

"FC Bayern tidak berpartisipasi dalam perencanaan Liga Super. Kami yakin bahwa struktur sepakbola saat ini menjamin fondasi yang andal," ujar Rummenigge dilansir dari laman Goal International, Selasa (20/4/2021).

"FC Bayern menyambut baik reformasi Liga Champions karena kami percaya bahwa itu adalah langkah yang tepat untuk perkembangan sepak bola Eropa. Babak penyisihan yang dimodifikasi akan memberikan lebih banyak kegembiraan dan emosi dalam kompetisi," sambung Rummenigge.

Baca juga: Perdana Menteri Italia Dukung UEFA Tindak Tegas Klub yang Gabung Liga Super Eropa

“Saya tidak yakin Liga Super akan menyelesaikan masalah keuangan klub-klub Eropa akibat pandemi virus corona," ujar dia.

"Sebaliknya, semua klub di Eropa harus bekerja dalam solidaritas untuk memastikan bahwa struktur biaya, terutama gaji pemain dan biaya agen, disesuaikan dengan pendapatan untuk membuat semua sepakbola Eropa lebih rasional," lanjutnya.

Sebagai catatan, Liga Super Eropa sendiri diperkirakan bergulir per Agustus 2021. Kompetisi ini sebenarnya sudah diajukan bergulir sejak 1990-an. Namun, Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) menolak pembentukan kompetisi ini.

Akan tetapi, pada Senin 19 April 2021 dini hari WIB, Florentino Perez selaku Presiden Liga Super Eropa secara resmi mengumumkan 12 klub Eropa yang berasal dari tiga negara, yakni Italia, Inggris, Spanyol untuk tampil di Liga Super Eropa.

Sebanyak 12 klub yang dimaksud adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool , Manchester City, Manchester United, Real Madrid danTottenham Hotspur.

Namun, Liga Super Eropa masih mencari tiga tim tambahan supaya pendiri kompetisi ini menjadi pas 15 klub. Nantinya, total ada 20 klub yang tampil di Liga Super Eropa tiap tahunnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini