Mundur dari Liga Super Eropa, Man City vs PSG di Final Liga Champions 2020-2021?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 261 2397767 mundur-dari-liga-super-eropa-man-city-vs-psg-di-final-liga-champions-2020-2021-ZE4C6KjyC8.jpg Batal tampil di Liga Super Eropa, Man City bisa bertemu PSG di Final Liga Champions 2020-2021. (Foto: REUTERS/Ian Walton)

MANCHESTER City kemungkinan besar batal ambil bagian di Liga Super Eropa. The Citizens –julukan Man City– sepertinya gentar dengan gertakan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) yang bersiap melarang 12 klub Liga Super Eropa ambil bagian di seluruh kompetisi garapan UEFA.

Menurut laporan jurnalis Daily Mail, Oliver Holt, dua dari enam klub Inggris yang ambil bagian di Liga Super Eropa, dipercaya mulai kehilangan keberanian. Diprediksi, salah satu dari dua klub yang dimaksud adalah Manchester City.

Manchester City

(Man City disebut-sebut mundur dari Liga Super Eropa)

“Mendengar retakan pertama dari bangunan European Super League yang jelek dan tidak berbentuk. Ada dua klub Inggris yang hampir kehilangan keberanian (mundur dari Liga Super Eropa),” tulis Holt di akun Twitter-nya, @OllieHolt22.

Pernyataan Holt di atas sejalan dengan pemberitaan yang dibuat media asal Prancis, L’Equipe. Media tersebut mengatakan UEFA sedang membujuk dua dari 12 klub Liga Super Eropa untuk kembali ke pangkuan mereka.

Salah satu klub yang disebut L’Equipe adalah Manchester City. The Citizens –julukan Man City– dibidik karena paling lemah secara pendirian ketimbang klub-klub lainnya.

“UEFA ingin membagi 12 klub Liga Super Eropa. Kabarnya, Atletico Madrid dan Manchester City jadi yang terlemah dan merupakan target pertama (untuk ditarik keluar),” tulis akun Twitter @MadridXtra, mengambil pernyataan L’Equipe.

Manchester City

Mundurnya Man City kemungkinan besar juga karena ultimatum yang dikeluarkan anggota Exco UEFA, Jesper Moller. Dalam rapat UEFA luar biasa yang dilakukan Jumat 23 April 2021, Jesper Moller tak segan mencoret 12 klub Liga Super Eropa dari seluruh kompetisi UEFA, termasuk Liga Champions.

BACA JUGA: Gara-Gara UEFA, Atletico Madrid dan Manchester City Batal Tampil di Liga Super Eropa?

“Klub-klub itu (yang ambil bagian di Liga Super Eropa) harus pergi (dari Liga Champions) dan saya harap itu terjadi pada Jumat. Kemudian, kami akan mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan kompetisi Liga Champions musim ini. Ada rapat luar biasa hari Jumat,” kata Jesper Moller mengutip dari Soccerway, Selasa (20/4/2021).

Jika benar demikian, Manchester City, Chelsea dan Real Madrid yang sudah melaju ke semifinal Liga Champions otomatis akan dicoret (seluruhnya ambil bagian di Liga Super Eropa). Namun, jika Man City menarik diri dari Liga Super Eropa, mereka bisa kembali ke Liga Champions.

PSG

(PSG bertemu Man City di final Liga Champions 2020-2021?)

Bahkan bukan tak mungkin, Man City akan bertemu PSG, klub yang sejak awal menolak ambil bagian di Liga Super Eropa. Jadi, final Liga Champions 2020-2021 mempertemukan Man City vs PSG?

Sekadar informasi, sebanyak 12 klub dipastikan ambil bagian di Liga Super Eropa. Mereka ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Nantinya, ada 20 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Sebanyak 20 klub itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan 10 tim. Nantinya, 10 tim itu bertanding kandang dan tandang.

Tiga tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke perempatfinal Liga Super Eropa. Sementara itu, tim yang menduduki posisi empat dan lima akan melakoni babak playoff untuk mencari dua slot tersisa di perempatfinal Liga Super Eropa.

Kemudian, babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan format kandang dan tandang. Barulah, partai puncak digelar satu laga, atau biasa dilangsungkan di tempat netral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini