Zinedine Zidane Muslim yang Tertutup dan Menikah dengan Perempuan Beda Agama

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 51 2396641 zinedine-zidane-muslim-yang-tertutup-dan-menikah-dengan-perempuan-beda-agama-nklEZYdszy.jpg Zinedine Zidane. (Foto/Reuters)

ZINEDINE ZIDANE dikenal sebagai salah satu pesepakbola muslim terbaik sepanjang sejarah. Bagi Zizou, sapaan akrab pelatih Real Madrid itu, masalah keyakinan murni urusan pribadi sehingga takkan diumbar di keseharian dan sosial media miliknya.

Sikap tertutup Zidane soal agama dan orientasinya yang plural amat dipengaruhi kehidupan sekuler Prancis yang sangat beragam. Belum lagi, perasaan trauma lantaran bergulirnya masalah rasialisme dan stigma terhadap muslim di negara itu ketika ia kecil hingga remaja.

Foto/Reuters

Meski begitu, dia menjelaskan bahwasanya dirinya tetap bangga dilahirkan dari keluarga imigran dan berdarah Arab. Hanya saja sebagai warga Prancis, dan mengharuskan untuk lebih tertutup dan tidak mengumbar agamanya tersebut.

Baca juga: 5 Striker Beragama Islam yang Berpuasa di Bulan Ramadhan, Nomor 1 Tengah On Fire

Baca juga: 4 WAGs Pesepakbola Muslim yang Berhijab, Nomor 1 Istri Bintang Liverpool

"Saya masih punya keterikatan dengan dunia Arab. Saya memilikinya dalam darah saya melalui orang tua saya. Tentu saya bangga menjadi warga Prancis, tapi juga bangga memiliki akar ini dan keberagaman," kata Zidane dikutip dari Esquire.

Zidane besar sebagai keturunan imigran asal Aljazair di Prancis. Dia anak dari pasangan imigran muslim, Smail Zidane (ayah) dan Malika (ibu) di distrik padat penduduk, La Castellane, Marseille.

Menikah Beda Agama

Zinedine Zidane menikah dengan Veronique Rodriguez, yang memiliki keyakinan berbeda. Keduanya menikah pada 1994.

Keduanya pertama kali bertemu di sebuah kelab malam di Paris, Prancis, pada 1989. Zidane saat itu tengah merintis karier profesional bersama Cannes.

Sebelum menikah, Veronique berprofesi sebagai penari profesional. Karena itu, keduanya bertemu di kelab malam, di mana sang perempuan bekerja. Mengingat karier Zinedine Zidane tengah dirintis sebagai pesepakbola, ia rela berkorban demi suaminya.

Foto/Marca

Setelah pensiun, karier Zinedine Zidane lantas berlanjut ke jenjang pelatih. Ia kini masih menetap di Ibu Kota Spanyol sebagai Pelatih Real Madrid. Sementara itu, Veronique juga masih berada di sisinya dan mendukung penuh karier sang suami beserta keempat anak laki-lakinya di dunia sepakbola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini