Man City Harus Juarai Liga Champions Musim Ini agar Tak Dicap Gagal

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 261 2395276 man-city-harus-juarai-liga-champions-musim-ini-agar-tak-dicap-gagal-HeiysiLwdj.JPG Trofi Liga Champions (Foto: Reuters)

DORTMUND – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, mengungkapkan timnya sangat membutuhkan trofi Liga Champions 2020-2021 agar tidak dicap gagal. Menurut Guardiola, kegagalan di Liga Champions akan membuat Man City dinilai buruk meski berhasil di kompetisi lainya.

Man City pernah mengalami itu pada dua musim lalu. Saat itu, The Citizens –julukan Man City– merajai kompetisi domestik Inggris dengan menjuarai Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Man City (Foto: Reuters)

Namun, prestasi itu menjadi tidak terlalu berarti karena Man City gagal di Liga Champions. Man City gugur oleh Tottenham Hotspur karena kalah agresivitas gol tandang meski agregat imbang 4-4.

Sekadar informasi, Man City belum pernah menjuarai Liga Champions. Oleh sebab itu, trofi Liga Champions selalu jadi buruan utama The Citizens, tetapi keberuntungan belum memihak mereka sampai sekarang.

BACA JUGA: Alasan Chelsea, PSG, Real Madrid dan Manchester City Juara Liga Champions 2020-2021

Kesempatan bagi Man City untuk mencetak sejarah baru di Liga Champions ada pada musim ini. Man City belum terkalahkan di Liga Champions dengan hanya sekali mendapatkan hasil imbang, yaitu saat melawan FC Porto.

BACA JUGA: Erling Haaland Mati Kutu di Hadapan Man City

Teranyar, Liverpool memenangkan dua leg perempatfinal kontra Borussia Dortmund dengan skor identik 2-1. Alhasil, Man City melenggang ke semifinal dengan kemenangan agregat 4-2 atas Dortmund.

Man City telah ditunggu Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal. Kedua tim sama-sama belum pernah menjuarai Liga Champions sehingga sangat termotivasi untuk lolos ke final dan meraih trofi perdana.

Semifinal akan kembali berlangsung dalam dua leg. Leg I akan berlangsung di kandang PSG, Parc des Prince, Selasa 27 April 2021. Selanjutnya, Man City akan balik menjamu PSG di Etihad Stadium, Selasa 4 Mei 2021. Jika mampu melewati hadangan PSG, Man City semakin dekat ke target besarnya, yaitu menjuarai Liga Champions.

Josep Guardiola (Foto: Premier League)

“Bagi klub, ini (Liga Champions) sangat penting. Kami tidak bisa menyangkalnya. Persaingan ini ketat secara mental. Anda bekerja selama 10 bulan dan Anda dinilai untuk satu pertandingan,” kata Guardiola, mengutip dari laman resmi Man City, Kamis (15/4/2021).

“Untuk satu gol, Anda tersingkir dan musim ini dinilai gagal. Itu tidak adil. Kami tidak dapat menilai apa yang telah dilakukan orang-orang ini dalam lima tahun dengan satu kompetisi,” tuturnya.

“Mengatakan itu, secara psikologis, untuk semua pemain, untuk saya sendiri, untuk semua staf ruang belakang, untuk Ketua dan CEO, mencapai semifinal adalah kebutuhan,” ucap juru taktik asal Spanyol itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini