Keluhkan Jadwal Padat, Guardiola: UEFA dan FIFA Bunuh Para Pemain

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 05 April 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 45 2389696 keluhkan-jadwal-padat-guardiola-uefa-dan-fifa-bunuh-para-pemain-3gJXz0r1Gb.jpg Josep 'Pep' Guardiola (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Pelatih Manchester City, Josep ‘Pep’ Guardiola, mengeluhkan jadwal kompetisi Eropa yang begitu padat. Ia menilai bahwa UEFA dan FIFA membunuh para pemain dengan menggelar pertandingan nonstop.

Pada akhir pekan lalu, Guardiola membuat kejutan dengan melakukan perubahan terhadap skuadnya. Ia melakukan enam perubahan saat berhasil menaklukkan Leicester dengan skor 2-0 di Stadion King Power.

Josep Guardiola

Akan tetapi, Guardiola tetap tidak senang dengan hal itu. Ia jelas melakukan rotasi karena terpaksa, mengingat para pemainnya mengalami kelelahan pasca-melakoni jeda internasional.

Baca juga Masih Cedera, Jadon Sancho Terancam Absen saat Dortmund Tandang ke Markas Man City

Namun, di sisi lain, ia mengeluhkan padatnya jadwal para pemain karena harus melakoni pertandingan bersama tim nasional. Bahkan dengan tegas Guardiola menyebut UEFA dan FIFA telah membunuh para pemain.

Baca juga Pesimis Kejar Man City, Man United Bertekad Pertahankan Posisi 2

“Mereka (para pemain) adalah manusia, mereka bukan mesin,” ungkap Guardiola, mengutip dari Goal, Senin (5/4/2021).

“Saya tahu para pemain. Beberapa dari mereka kesal sepanjang waktu karena mereka ingin bermain setiap hari tetapi ini tidak mungkin,” tambahnya.

“Untuk bersaing di semua kompetisi di tahun ini tanpa penonton, dalam kompetisi terpendek yang pernah ada, (jika) Anda tidak merotasi, Anda tidak bersaing di semua kompetisi dan Anda tidak akan berada di posisi kami sekarang,” lanjutnya.

“Tentu saja mereka bisa bermain, mereka memiliki mentalitas yang luar biasa, tetapi mereka butuh istirahat. UEFA dan FIFA membunuh para pemain karena itu terlalu banyak. Kami belum pernah libur satu kali pun sejak kami mulai, tidak satu pun,” sambungnya.

Josep Guardiola

“Tidak ada pemain yang dapat mempertahankan ini, tidak hanya secara fisik tetapi secara mental untuk siap setiap hari bertanding dengan lawan untuk memenangkan pertandingan. Itu tidak mungkin,” imbuhnya.

Selain mentas di Liga Inggris, Man City juga memiliki pertarungan semifinal Piala FA melawan Chelsea pada 17 April 2021. Selain itu ada final Piala Liga Inggris melawan Tottenham pada akhir bulan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini