3 Cara Menggiring Bola Beserta Penjelasannya

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 51 2386433 3-cara-menggiring-bola-beserta-penjelasannya-PbtNlLxdXa.jpg Ilustrasi Sepakbola (Foto: Ist)

TIGA cara menggiring bola memang menjadi pertanyaan yang terlintas bagi seseorang untuk bermain sepakbola. Pasalnya, menggiring bola sendiri merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai bagi orang yang ingin bermain sepakbola.

Menggiring bola sendiri merupakan cara untuk membawa bola ke depan yang kita sering lihat menggunakan kedua kaki secara bergantian. Selain menembak, menggiring bola adalah teknik dasar yang memang wajib dikuasai bagi orang yang ingin bermain sepakbola.

Cristiano Ronaldo

Pasalnya memiliki tujian tertentu, yaitu supaya bisa mendekati jarak sasaran. Tak hanya untuk bisa mendekati sasaran tembak, menggiring bola juga perlu dilakukan dengan baik agar dapat melewati lawan dan bahkan menghambat permainan.

Menggiring bola sendiri terbagi menjadi tiga cara, yaitu menggunakan kaki luar, menggunakan kaki dalam, dan menggunakan punggung kaki. Setiap cara tersebut sendiri memiliki manfaat tersendiri bagi para pemain dalam sebuah permainan sepakbola.

Baca Juga: Cara Menendang Bola Melengkung Paling Tepat

Menggiring bola menggunakan kaki luar sendiri adalah cara membawa bola menggunakan bagian luar kaki si pemain. Teknik ini memang memiliki kemiripan dengan cara menendang bola, namun bedanya si kulit bundar tidak dilepaskan begitu jauh dari jangkauan kaki.

Sementara menggiring bola menggunakan kaki dalam adalah salah satu cara yang acap kali dilakukan oleh para pemain sepakbola. Sama halnya dengan penggunaan teknik menggiring memakai kaki bagian luar, pada teknik dengan kaki bagian dalam ada juga posisi awal, tengah dan akhir yang perlu untuk dilatih dan dikuasai.

Melatih gerakan menggiring bola dalam sepakbola baik itu dengan kaki bagian luar pun harus dilakukan secara intensif agar bola tak melenceng ke mana-mana saat sedang digiring. Sedangkan pandangan mata pemain tetap fokus ke depan.

Sementara cara menggiring bola menggunakan punggung kaki adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk pemain sepakbola. Cara ini juga sering dilakukan bagi pemain sepakbola yang ingin bergerak secepat mungkin menuju gawang lawan.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Dasar utama dalam menggiring bola sendiri ialah untuk tetap menjaga bola tidak terlalu jauh dari jangkuan kaki. Meski, ketika menggiring ada kalanya sentuhan panjang diperlukan, terutama ketika memang Anda sedang tak terkepung oleh tim lawan sehingga Anda bisa bebas melaju.

Baca Juga: Free Kick dalam Sepakbola Beserta Penjelasannya

Sebagai salah satu dasar dalam bermain sepakbola, maka para pemain memang diwajibkan bisa menguasai teknik menggiring bola dengan cara berlatih terus-menerus. Itulah sedikit catatan soal teknik menggiring bola dalam sepakbola berikut yang dapat membantu Anda dalam melatih diri supaya permainan bola makin baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini