Persija Dihajar PSM di Stadion Kanjuruhan

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 49 2382229 persija-dihajar-psm-di-stadion-kanjuruhan-yvfPBqcEEM.jpg Persija Jakarta vs PSM Makassar (Foto: Instagram Persija Jakarta)

MALANG – Persija Jakarta melakoni partai perdana mereka di Grup B Piala Menpora 2021 dengan menghadapi PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (22/3/2021) malam WIB. Meski tampil menekan, Persija harus puas menyelesaikan pertandingan kontra PSM takluk 0-2.

Gara-gara kekalahan tersebut, Persija pun harus rela menempati posisi paling buncit pada klasemen sementara Grup B Piala Menpora 2021. Skuad Macan Kemayoran –julukan Persija– gagal meraih poin dari satu laga yang dimainkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Persija memulai pertandingan melawan PSM ini dengan langsung tampil menekan. Alhasil, Persija hampir saja menceta gol ke gawang PSM melalui aksi dari Riko Simanjuntak. Namun upaya Riko masih gagal membuahkan hasil.

Tidak berselang lama, giliran PSM yang menebar ancaman pertahanan Persija melalui aksi dari Yakob Sayuri. Akan tetapi tembakan keras yang dilepaskan oleh Yakop masih melambung tinggi di atas gawang Persija.

Pada menit ke-26, PSM hampir saja membuka keunggulan mereka atas Persija melalui sontekan terukur dari Rizki Eka. Namun tembakan terukur yang dilepaskan oleh Rizki masih berhasil ditepis oleh kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Persija vs PSM

Berjarak 8 menit, PSM kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa mencetak gol lebih dahulu atas Persija. Kali ini giliran Abdul Rahman yang menebar ancaman via tembakan spekulasinya dari luar kotak penalti Persija. Namun tembakan Abdul Rahman masih belum tepat sasaran.

Memasuki jelang berakhirnya babak pertama, PSM akhirnya berhasil membuka keunggulan atas Persija via aksi Patrich Wanggai . Ya, Wanggai melalui sontekannya yang meluncur deras ke dalam gawang Persija. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan PSM atas Persija masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Persija yang dalam kondisi tertinggal, langsung memulai babak kedua pertandingan ini dengan langsung menekan pertahanan PSM. Namun penyelesaian akhir yang buruk, membuat sejumlah peluang Persija masih gagal berbuah gol.

Tidak berselang lama, Persija kembali mendapatkan kesempatan untuk bisa menyamakan kedudukan dari PSM. Akan tetapi lagi-lagi peluang emas yang didapatkan Persija untuk bisa mengubah papan skor jadi 1-1 harus kembali gagal.

Alih-alih berhasil menyamakan kedudukan, Persija justru harus melihat gawang mereka kebobolan kembali. Kali ini giliran Yakob berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah memanfaatkan blunder dari Yann Motta Pinto.

Persija vs PSM

Tersentak oleh gol kedua PSM, membuat Persija semakin menekan pertahanan lawannya. Bahkan Persija nyaris memperkecil kedudukan dari PSM melalui sontekan Otavio Dutra. Namun sontekan Dutra masih melambung di atas gawang PSM.

Jelang pertandingan berakhir, PSM hampir saja mencetak gol ketiga mereka ke gawang Persija melalui aksi dari Zulkifli Syukur. Akan tetapi tembakan fullback berusia 36 tahun tersebut masih berhasil dimentahkan oleh Andritany.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usai pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak kedua tim. Persija pun akhirnya menyelesaikan pertandingan dengan kekalahan 0-2 dari PSM pada pertandingan ini.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanusa, Marco Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Yann Motta Pinto, Marc Klok, Osvaldo Haay, Riko Simajuntak, Ramdani Lestaluhu, Marko Simic.

Pelatih: Sudirman

PSM Makassar: Hilmansyah; Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rahman, M. Arfan, Rizki Eka, Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Patrich Wanggai, Yakob Sayuri.

Pelatih: Syamsuddin Batola

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini