Puji Anfield dan Old Trafford, Guardiola Keluhkan Kualitas Rumput Stadion Etihad

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 13 Maret 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 13 45 2377169 puji-anfield-dan-old-trafford-guardiola-keluhkan-kualitas-rumput-stadion-etihad-kTMFyzH7ED.JPG Rumput Stadion Etihad dikeluhkan Pep Guardiola (Foto: Reuters/Gareth Copley)

MANCHESTER – Manajer Manchester City, Josep ‘Pep’ Guardiola, melayangkan kritik kepada pengelola lapangan rumput Stadion Etihad. Menurutnya, kualitas rumput di stadion tersebut kalah jauh dibandingkan Anfield (Liverpool) dan Old Trafford (Manchester United).

Mepetnya persiapan menyambut musim baru memaksa pengelola Stadion Etihad mempertahankan rumput lama. Keputusan itu lantas berakibat fatal memasuki musim dingin yang berlangsung pada Desember-Maret di Inggris.

Baca juga: Jamu Chelsea, Leeds United Wajib Bangkit dari Tren Negatif

Celakanya, pada periode tersebut Man City malah lebih sering bermain kandang. Bahkan, Sergio Aguero dan kawan-kawan bermain empat kali di Etihad dalam 11 hari terakhir! Tingginya intensitas laga, ditambah cuaca dingin, menyebabkan kualitas rumput menurun jauh.

Kualitas rumput di Anfield lebih bagus (Foto: Reuters)

Buruknya kualitas rumput di Etihad menuai kritik dari Pep Guardiola. Ia mengakui pihak pengelola tengah bekerja keras memperbaiki lapangan. Baginya, kualitas rumput yang bagus itu sangat diperlukan untuk menunjang permainan.

Baca juga: 5 Pembelian Pemain Termahal Manchester United, Nomor 1 Seorang Mualaf

“Mereka bekerja keras dan berusaha mencari solusi. Namun, kualitas rumput sangat tidak bagus. Semua pemain tahu betapa bagusnya rumput di stadion ini, tetapi cuacanya sangat buruk,” sungut Pep Guardiola, dikutip dari ESPN, Sabtu (13/3/2021).

“Di London melawan Arsenal, Anfield (Liverpool), Old Trafford (Man United), Budapest, rumputnya lebih bagus. Sangat luar biasa, terasa seperti karpet. Di sini, tidak bagus. Kami butuh rumput bagus,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol itu.

Beruntung, Man City tidak akan bermain di Etihad setidaknya hingga 10 April 2021. The Citizens kedapatan jatah bermain tandang dua kali di Liga Inggris dan sekali pada ajang Piala FA 2020-2021.

Sebetulnya, Man City punya satu laga kandang di Liga Champions 2020-2021 melawan Borussia Monchengladbach. Namun, laga leg kedua babak 16 besar itu dipindahkan ke arena netral, Stadion Puskas Arena, di Budapest, Hungaria, karena aturan pembatasan perjalanan.

Man City akan menjamu Gladbach di venue netral

Kondisi itu bisa dimanfaatkan oleh pengurus Stadion Etihad guna memperbaiki rumput lapangan. Waktu sekira tiga pekan sudah cukup untuk kembali membuat rumput lapangan dalam kondisi prima.

Man City sendiri masih memiliki jatah tiga kali bermain kandang, termasuk kontra Leeds United, pada sisa 11 pertandingan di Liga Inggris 2020-2021. Jumlah tersebut bisa bertambah andai mereka lolos ke Perempatfinal Liga Champions 2020-2021, tentu tanpa aturan pembatasan perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini