Chelsea Tundukkan Everton 2-0, Thomas Tuchel Cetak Dua Rekor

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 45 2374590 chelsea-tundukkan-everton-2-0-thomas-tuchel-cetak-dua-rekor-8ymg4o54j5.JPG Thomas Tuchel dan Jorginho (Foto: Reuters)

LONDON – Chelsea meraih kemenangan dengan skor 2-0 saat menjamu Everton dalam lanjutan matchday ke-28 Liga Inggris 2020-2021. Kemenangan tersebut tak hanya membuat Chelsea meraih tiga poin, namun pelatih mereka, Thomas Tuchel, juga mengukir rekor fantastis.

Thomas Tuchel resmi diperkenalkan sebagai Pelatih Chelsea pada 26 Januari 2021. Sejak saat itu, Tuchel sudah memimpin The Blues dalam 11 pertandingan di semua kompetisi. Hebatnya, Chelsea tak pernah menelan satu pun kekalahan dalam 11 laga tersebut.

Baca juga: Chelsea Hajar Everton Dua Gol Tanpa Balas

Dari 11 pertandingan itu, sebanyak sembilan di antaranya terjadi di ajang Premier League. Catatan tersebut membuat Tuchel menjadi pelatih ketiga dengan rekor tak terkalahkan terbanyak pada awal kariernya di Premier League.

Thomas Tuchel

Saat ini, pelatih dengan rekor tak terkalahkan terpanjang pada awal kariernya di Premier League adalah Maurizio Sarri, yakni 12 pertandingan. Catatan itu dibuat Sarri pada musim 2018-2019 kala membesut Chelsea.

Baca juga: Liverpool Kalah Lawan Tim Lemah, Jurgen Klopp Tepis Klaim Bintang Fulham

Sementara itu, pelatih kedua dengan rekor tak terkalahkan terpanjang pada awal kariernya di Premier League adalah Frank Clark, yaitu 11 laga. Clark melakukannya saat menukangi Nottingham Forest di musim 1994-1995.

Melihat tren positif yang dimiliki Chelsea sekarang, Tuchel tentunya memiliki kesempatan untuk menyamai atau bahkan melebihi catatan tak terkalahkan milik Sarri. Apalagi, dalam empat pertandingan ke depan Chelsea mendapat lawan yang relatif mudah, yaitu Leeds United, West Bromwich Albion, Crystal Palace, dan Brighton.

Selain itu, sejak Tuchel menangani Chelsea, ia juga membuat The Blues memiliki lini pertahanan yang tangguh. Bagaimana tidak, dari sembilan kali bertanding di ajang Premier League, Chelsea era Tuchel baru dua kali kebobolan dan tujuh kali mencatatkan clean-sheet.

Torehan tersebut membuat Tuchel mencetak rekor lainnya, yakni sebagai pelatih pertama dalam sejarah Premier League yang mengantarkan timnya mencatatkan lima clean-sheet beruntun di pertandingan kandang.

Edouard Mendy

Dalam membuat catatan ini, Tuchel mempercayakan gawang Chelsea kepada Edouard Mendy. Dengan demikian, Mendy sudah tujuh kali melakukan clean-sheet di Premier League sejak kedatangan Tuchel.

Tidak ada penjaga gawang lain di antara lima liga top Eropa yang mampu mencatatkan clean-sheet sebanyak Mendy, terhitung sejak bergabungnya Tuchel dengan Chelsea. Namun, kerja bagus Mendy ini membuat Kepa Arrizabalaga semakin terpinggirkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini