Liverpool vs Chelsea, Jurgen Klopp Dibantu Sejarah untuk Rusak Rekor Thomas Tuchel

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 45 2372093 liverpool-vs-chelsea-jurgen-klopp-dibantu-sejarah-untuk-rusak-rekor-thomas-tuchel-nQWATLWScQ.jpg Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel beberapa tahun yang lalu. (Foto: REUTERS)

LIVERPOOL Liverpool akan menjamu Chelsea di pekan ke-27 Liga Inggris 2020-2021, Jumat 5 Maret 2021 dini hari WIB. Pertemuan ini juga berarti penting bagi kedua pelatih, Jurgen Klopp (Liverpool) dan Thomas Tuchel (Chelsea).

Secara tak disengaja, Thomas Tuchel sudah dua kali menjadi suksesor Jurgen Klopp. Thomas Tuchel pernah menjadi suksesor Jurgen Klopp ketika dipercaya membesut Mainz 05 dan Borussia Dortmund.

Thomas Tuchel

(Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp sudah 14 kali beradu taktik)

Berhubung sama-sama berasal dari Jerman, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel kerap beradu taktik. Semenjak pertama kali bertemu pada 2009, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel sudah 14 kali bersua

Hasilnya, Jurgen Klopp dominan dengan catatan 9 menang, 3 imbang dan 2 kalah! Jika dirata-rata, Thomas Tuchel hanya sanggup meraih rata-rata 0,64 poin per pertandingan tiap kali dihadapkan dengan skuad asuhan Jurgen Klopp.

Bahkan dari daftar 25 nama pelatih yang paling sering dihadapi Thomas Tuchel, Jurgen Klopp yang paling sulit ditaklukkannya. Karena itu, Jurgen Klopp berpeluang merusak catatan manis Thomas Tuchel bersama The Blues –julukan Chelsea.

BACA JUGA: Liverpool vs Chelsea, Ozan Kabak: Siapa pun Lawannya Kami Siap Menang

Semenjak ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada 26 Januari 2021, Thomas Tuchel memimpin sembilan pertandingan Chelsea. Dalam periode tersebut, Chelsea tak terkalahkan dengan koleksi enam menang dan tiga imbang.

Khusus di Liga Inggris, Thomas Tuchel membawa Chelsea meraih 4 menang dan 3 imbang dalam tujuh laga awal. Berkat hasil itu, Chelsea yang sempat terperosok ke posisi delapan, kini menempati tangga keempat klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021.

Thomas Tuchel

(Thomas Tuchel inferior di hadapan Klopp)

Karena itu, Thomas Tuchel mesti memasang kewaspadaan tinggi. Selain Thomas Tuchel inferior di hadapan Jurgen Klopp, Liverpool juga dalam kepercayaan diri tinggi.

Setelah kalah dalam empat laga beruntun di Liga Inggris, Liverpool akhirnya menyudahi tren buruk akhir pekan lalu dengan menumbangkan Sheffield United 0-2. Liverpool dapat menaruh asa kepada sang winger, Sadio Mane.

Dalam 13 laga kontra Chelsea di Liga Inggris, Sadio Mane telah lima kali mengoyak jala gawang The Blues. Karena itu, potensi Liverpool racikan Jurgen Klopp merusak catatan apik Thomas Tuchel bareng Chelsea terbuka lebar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini