5 Kiper Terbaik Dunia saat Ini, Siapa Saja?

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 51 2370911 5-kiper-terbaik-dunia-saat-ini-siapa-saja-OzsaUa9S2H.jpg Manuel Neuer (Foto:Reuters)

5 kiper terbaik di dunia pada saat ini memang tidak bisa dianggap remeh. Kini peran kiper tidak hanya sekadar mengawal gawang untuk tidak kebobolan, namun juga sebagai pelopor permainan untuk bisa mencetak gol.

Sejauh ini terdapat cukup banyak kiper-kiper berkualitas yang bertebaran di sejumlah tim-tim papan atas Eropa. Akan tetapi setidaknya hanya terdapat lima nama yang dinilai layak menggemban predikat sebagai terbaik di dunia pada saat ini.

Berikut lima kiper terbaik di dunia pada saat ini:

5. David Soria (Getafe/Spanyol)

David Soria

Nama Soria memang sedikit asing terdengar, mengingat dirinya hanya bermain di tim papan tengah Liga Spanyol, yakni Getafe. Meski begitu, Soria tetap layak diperhitungkan sebagai salah satu kiper terbaik di dunia pada saat ini.

Pasalnya sejak hengkang dari Sevilla ke Getafe pada musim panas 2017, Soria menjelma sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Bahkan, pemain berusia 27 tahun itu mencatatkan 17 kali clean sheet dari 42 pertandingannya di semua kompetisi. Tak hanya itu, ia juga telah melakukan 34 kali penyelamatan yang luar biasa sepanjang musim lalu.

4. Alisson Becker (Liverpool/Brasil)

Alisson Becker

Kehebatan Alisson sebagai kiper memang sudah nampak kala dirinya dipilih menjadi andalan bersama AS Roma. Bahkan Alisson berhasil membawa Roma mencapai babak semifinal Liga Champions 2017-2018 dengan mengalahkan Barcelona di babak perempatfinal.

Popularitas Alisson semakin meningkat kala dipinang Liverpool pada musim panas 2018. Semenjak saat itu, Alisson berhasil menjadi andalan Liverpool dengan membawa skuad The Reds –julukan Liverpool– Liga Champions 2018-2019 dan Liga Inggris 2019-2020.

3. Thibaut Courtois (Belgia/Real Madrid)

Thibaut Courtois

Di awal kiprahnya bersama Real Madrid, Courtois memang gagal memenuhi ekspektasi para Madridista –sebutan penggemar Madrid. Pasalnya Courtois beberapa kali justru menjadi penyebab Madrid gagal memetik hasil positif akibat blunder-nya.

Akan tetapi pelan-pelan, Courtois berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai kiper terbaik di dunia pada saat ini. Puncaknya adalah pada saat personel tim nasional (Timnas) Belgia tersebut membawa Madrid menjuarai Liga Spanyol musim lalu.

2. Jan Oblak (Atletico Madrid/Slovenia)

Jan Oblak

Awalnya banyak yang ragu bahwa Oblak bisa menjadi salah satu kiper terbaik di dunia. Akan tetapi sejak direkrut oleh Atletico Madrid dari Benfica pada musim panas 2014, Oblak mampu menunjukkan kemampuan luar biasa di bawah mistar gawang Los Rojiblancos –julukan Atletico.

Bahkan pada saat ini, Oblak menjadi salah satu kiper dengan kemampuan di atas rata-rata. Dengan kondisi tersebut, wajar apabila manajemen Atletico membanderol harga sebesar 150 juta euro atau sekira Rp2,5 triliun kepada klub yang meminati Oblak.

1. Manuel Neuer (Bayern Munich/Jerman)

Manuel Neuer

Dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada kiper yang layak disebut terbaik selain Neuer. Ya, Neuer memang bisa dikatakan salah satu penjaga gawang dengan kemampuan paling komplet dalam sejarah sepakbola.

Neuer tidak hanya handal dalam menghentikan peluang di dalam kotak penalti, namun ia juga sempurna berperan sebagai stopper. Berkat kehebatannya, Neuer pun mampu membawa Bayern merengkuh treble winners di musim 2019-2020 atau yang pertama kalinya dalam sejarah klub.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini