Tim Futsal Sulsel Fokus Tingkatkan Kemampuan Taktikal Pemain

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 51 2370443 tim-futsal-sulsel-fokus-tingkatkan-kemampuan-taktikal-pemain-3LeBNHDAAK.jpg Tim Futsal Sulsel (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Tim futsal Sulawesi Selatan (Sulsel) sedang serius menyiapkan diri untuk menghadapi PON Papua 2021. Kini, tim tengah menggodok taktik yang pas untuk para pemainnya.

“Untuk saat ini tim pelatih fokus meningkatkan kondisi fisik pemain dan meningkatkan pemahaman taktikal individual pemain dan taktikal grup pemain,” kata Pelatih tim futsal Sulsel, Rahmat Akbar.

Rahmat menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan proses evaluasi terhadap  pemain yang turun di pra-PON. Saat ini, tersisa 25 pemain yang mengikuti proses latihan. Selanjutnya, program latihan telah disusun hingga pelaksanaan PON XX, termasuk try out dan training center.

“Pada Juli 2021, akan dilaksanakan try out ke Yogyakarta dengan pertimbangan  ada banyak tim liga pro berkandang di sana, dan fasilitas lapangan standar juga  banyak di Yogyakarta, akan memudahkan kita dalam melakukan uji coba,” kata Rahmat.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM Futsal, Kursus Wasit Nasional Digelar di Medan

Pada Babak Kualifikasi PON XX Papua, Sulawesi Selatan tergabung di Group G, bersama Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Dengan materi pemain yang baik dan didukung oleh beberapa pemain yang sempat tampil di Liga Futsal Professional, Sulawesi Selatan dengan sangat meyakinkan lolos ke PON XX Papua dengan raihan poin sempurna, hasil dari sapu bersih tiga kemenangan tanpa hasil imbang dan seri.

Tim Futsal Sulsel

Ketua AFP Sulsel, Ahmad Susanto menjelaskan, selepas ajang pra-PON, pihaknya langsung melakukan evaluasi. Saat ini tim sedang persiapan mematangkan skuat untuk keberangkatan ke ajang PON nanti.

“AFP dalam hal ini induk cabang olahraga futsal telah mendukung semuanya. Kita support seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam persiapan tim,” kata dia.

Pandemi Covid-19, kata dia, memang berpengaruh. Namun tidak menghalangi semangat untuk melakukan persiapan. “Latihan tim dilakukan tetap dengan protokol kesehatan,” ucap Ahmad.

Wakil Ketua AFP sekaligus Manajer Tim, Arianto Najib menambakan, pihaknya segera membentuk kembali komposisi tim untuk dipersiapkan ke PON Papua pada Oktober 2020. AFP Sulsel kembali menyeleksi ulang untuk kemudian menyiapkan tim menuju PON.

“Target pastinya, kami dari awal masih menargetkan bisa meraih medali emas,” kata Arianto.

Baca Juga: Sukses Jadi Pemain, Maya Muharina Fajriah Ingin Jadi Pelatih Futsal

Untuk itu, dia menyebutkan sejumlah kunci sukses untuk meraih tergat tersebut,  antara lain semangat kebersamaan atau kekeluargaan, saling percaya dalam tim, terbuka antara manajemen, pelatih dan pemain, adanya rasa siri' na pacce yang merupakan jargon orang Sulsel yang artinya, “jangan sampai memalukan” dalam diri setiap pemain, tanggung jawab, mental dan rasa percaya diri yang kuat dalam tim.

Saat ini, ada 25 nama  pemain yang mengikuti training center. Para pemain ini masih bersaing dengan sistem promosi dan degradasi untuk mendapatkan 12 nama yang akan membela tim Sulsel di PON XX.

“Pemain akan dipantau terus perkembangannya dan pemain yang menurut penilaian pelatih masih kurang maka akan kita coret dalam perjalanan persiapan tim nantinya,” kata dia.

Berikut ini adalah 25 nama pemain yang mengikuti training center tim futsal Sulsel:

1. Sahrul Muslihin

2. Maulana Ishak

3. Ardiansyah Nur

4. Ade Nugraha

5. Inu Anugrah Saputra

6. S. Muh. Fahrezy

7. Muh. Siswandi Rahman

8. Muh. Irsal Al-Fajri

9. Muh. Fichry Husain

10. Muh. Yusuf Alfadillah

11. Ramadhani

12. A Bimantoro

13. Muh. Aqsa Putra Perdana

14. Muh. Arkah Septyono

15. Zulqadri Misba

16. Akbar Marhan

17. Andi Farhan Avila Arman

18. Jordi Rinalvi

19. Silfredo Alfredo

20. Andy

21. Nur Arif Ardian Rahman

22. Rotama Alfi Widarma

23. Adji Nurfaidzi

24. M. Irwansyah Armand

25. Alzi Al-Syiha

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini