Lionel Messi Dinobatkan sebagai Playmaker Terbaik Sepanjang Masa Menurut IFFHS

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 51 2368076 lionel-messi-dinobatkan-sebagai-playmaker-terbaik-sepanjang-masa-menurut-iffhs-ea9SowRR7a.jpg Lionel Messi (Foto: Sergio Perez/REUTERS)

BERLIN – Sebuah penghargaan bergengsi kembali didapatkan megabintang Barcelona, Lionel Messi. Ya, kali ini pemain berjuluk La Pulga (si Kutu) tersebut dianugerahi gelar sebagai playmaker terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Penghargaan tersebut didapatkan Messi International Federation of Football History and Statistics (IFFHS). Seperti disadur dari Sport, Kamis (25/2/2021), Messi mengumpulkan poin terbanyak dalam penilaian yang dilakukan oleh IFFHS.

Untuk pengumpulan poin tersebut, IFFHS sendiri memang melakukan sejumlah penilaian bagi para pemain. Salah satu cara IFFHS adalah dengan mempersempit makna dari istilah playmaker itu sendiri.

Lionel Messi

Ya, playmaker sendiri dalam pengertian IFFHS adalah pemain yang dapat menggendalikan aliran serangan tim. Selain itu playmaker juga, melalui visi, teknik, kontrol bola, kreativitas dan kemampuan passing, sering terlibat dalam pergerakan serta umpan yang terlibat dalam proses terjadinya gol.

Baca Juga: 5 Fakta Leg I 16 Besar Liga Champions, dari Cristiano Ronaldo dan Messi Memble hingga Dominasi Wakil Inggris

Setelah itu, IFFHS lalu mengungkapkan penilaian mereka kepada para pemain yang disebut-sebut masuk dalam kategori playmaker dalam performa sang pemain di setiap musimnya. Selain itu, IFFHS juga menghitung torehan yang dilakukan para playmaker tersebut sejak 2006.

Nah, dalam penilaian tersebut, Messi menjadi pemain yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak. Ya, kapten tim nasional (Timnas) Argentina tersebut berhasil memuncaki daftar playmaker terbaik usai meraih 245 poin.

Selain Messi, terdapat juga dua eks pemain Barcelona yang menghiasi tiga besar daftar playmaker terbaik sepanjang sejarah menurut IFFHS. Kedua pemain tersebut adalah Andres Iniesta (197 poin) dan Xavi Hernandez (130 poin).

Luka Modric

Sedangkan di posisi keempat daftar playmaker terbaik sepanjang sejarah menurut IFFHS dihuni oleh gelandang andalan Real Madrid, yakni Luka Modric. Ya, pemilik gelar Ballon dOr 2018 tersebut berhasil mengumpulkan 114 poin.

Baca Juga: Daftar Top Skor Liga Spanyol: Lionel Messi Mulai Tinggalkan Luis Suarez

Pemain bintang Manchester City, Kevin de Bruyne, melengkapi lima besar daftar playmaker terbaik sepanjang sejarah menurut IFFHS. Ya, mantan pemain Chelsea tersebut mengoleksi 103 poin dalam daftar ini.

Berikut daftar lengkap playmaker terbaik sepanjang sejarah menurut IFFHS:

1. Lionel Messi (245 poin)

2. Andres Iniesta (197 poin)

3. Xavi Hernandez (130 poin)

4. Luka Modric (114 poin)

5. Kevin de Bruyne (103 poin)

6. Toni Kroos (90 poin)

7. Mesut Ozil (85 poin)

8. Andrea Pirlo (82 poin)

9. Eden Hazard (77 poin)

10. Neymar Jr (71 poin)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini