5 Penyebab Juventus Kalah 1-2 dari FC Porto di Leg I 16 Besar Liga Champions 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 261 2364007 5-penyebab-juventus-kalah-1-2-dari-fc-porto-di-leg-i-16-besar-liga-champions-2020-2021-8mf1aTwaZO.jpg Juventus kalah 1-2 dari Porto di leg I 16 besar Liga Champions. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

JUVENTUS kalah 1-2 dari FC Porto di leg I babak 16 besar Liga Champions 2020-2021, Kamis (18/2/2021) dini hari WIB. Meski mendominasi penguasaan bola hingga 65,3 persen, sayangnya keunggulan itu gagal dikonversikan menjadi kemenangan.

Bahkan Bianconeri –julukan Juventus– dua kali tertinggal lebih dulu lewat aksi Mehdi Taremi di menit kedua dan Moussa Marega ketika babak kedua baru berjalan satu menit. Sementara itu, gol tunggal Juventus dikemas Federico Chiesa di menit 82.

Setidaknya ada sejumlah faktor yang menyebabkan Juventus tumbang 1-2 dari FC Porto. Apa saja?

Berikut 5 penyebab Juventus kalah 1-2 dari FC Porto:

5. Blunder di Awal Laga

Pertandingan baru berjalan dua menit, Juventus sudah kebobolan akibat blunder fatal yang dibuat sang gelandang, Rodrigo Bentancur. Bermaksud memberikan back pass kepada penjaga gawang Wojciech Szczesny, si kulit bulat justru disambar penyerang Porto, Mehdi Taremi.

Kebobolan di awal laga sedikit merusak mental skuad Juventus. Kemudian, gol kedua Porto yang dikemas Marega juga tercipta ketika babak kedua baru berjalan satu menit. Hal itu menunjukkan, konsentrasi Giorgio Chiellini dan kawan-kawan tak cukup baik di awal pertandingan.

4. Wojciech Szczesny Grogi

Wojciech Szczesny

Wojciech Szczesny terlihat grogi di laga ini. Tiap kali menerima back pass dari rekan-rekannya, kaki Wojciech Szczesny terlihat gemetaran. Efeknya, Wojciech Szczesny yang dikenal piawai membangun serangan gagal menampilkan performa optimal di laga ini.

3. Tak Diberi Penalti

Cristiano Ronaldo

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo dilanggar bek Porto Chancel Mbemba di kotak terlarang. Namun, wasit Carlos del Cerro Grande yang memimpin pertandingan tidak memberikan hadiah penalti, karena pelanggaran bertepatan dengan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dalam kasus ini, wasit bisa mengecek Video Assistant Refeere (VAR). Sebab, ada kasus di mana wasit memberikan penalti, meski peluit panjang sudah ditiup. Momen itu terjadi ketika Man United menghadapi Brighton di pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021.

2. Cristiano Ronaldo Memble

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo tampil memble di laga kali ini. Diharapkan memberi tuahnya, Cristiano Ronaldo sepanjang laga hanya melepaskan satu shot on target! Alhasil, Juventus kalah dari FC Porto.

1. Telat Memasukkan Alvaro Morata

Alvaro Morata

Seperti yang kita tahu, Morata merupakan top skor sementara Juventus di Liga Champions 2020-2021 dengan koleksi enam gol. Namun, di laga ini Morata dicadangkan dan baru masuk di menit 63.

Terbukti, masuknya Morata sedikit memperbaiki performa Juventus. Ketika Morata masuk, Juventus sedang tertinggal 0-2. Di akhir laga, Juventus pun hanya takluk 1-2 dari Do Dragoes –julukan FC Porto.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini